Mahasiswa KKN di Pidie Jaya Cek Suhu Tubuh Warga yang pulang dari Perantauan

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh Kelompok 4 cek suhu tubuh warga yang baru pulang dari perantauan. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Meureudu - Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, tidak hanya dengan mencuci tangan dengan sabun, menyemprotkan disinfektan, menggunakan masker dan hand sanitizer, tetapi juga perlu melakukan pemeriksaan suhu tubuh untuk mendeteksi penyebaran virus corona. Seperti halnya yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh Kelompok 4.

Mereka adalah, Muhammad Rizki, Zuryatina Razak, Tueh Fatut A’tar, Idawati, Nita zahara, Salmiyanti, dan Ruslaini. Tujuh mahasiswa tersebut ikut bergabung dengan Satgas Pidie Jaya untuk melakukan kegiatan pengecekan suhu tubuh warga di kabupaten setempat.

"Pengecekan suhu tubuh ditujukan kepada masyarakat yang baru saja kembali dari luar negeri, serta kota besar atau daerah yang berstatus zona merah pandemi Covid-19. Pemeriksaan itu terlepas dari masyarakat tersebut mengalami gejala Covid-19 atau tidak," kata Muhammad Rizki kepada Unimalnews, Selasa (19/5/2020).

Menurutnya, pengecekan suhu tubuh dilakukan di halaman posko Satgas Pidie Jaya dimulai pukul 10:00 sampai dengan 15:00 WIB. Satu persatu warga yang melapor baru pulang dari luar daerah dilakukan pengecekan dengan menggunakan thermo gun.

"Alat ini dipakai untuk mengukur suhu tubuh, sebagai pencegahan penyebaran virus Corona. Petugas biasanya akan mengarahkan alat tersebut ke kening objek (orang yang akan diukur suhunya). Kemudian warga tersebut masuk dalam daftar pemantauan (ODP) dan diminta agar menjalani karantina mandiri dirumah masing-masing," sebut Rizki.

Petugas Satgas Pidie Jaya, Basri, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut karena telah bergabung bersama timnya untuk melakukan kegiatan-kegiatan pencegahan Covid-19.

“Alhamdulillah, dengan ada mahasiswa KKN di Pidie Jaya sangat membantu mensosialisasikan tentang covid-19 dalam masyarakat dalam meningkatkan kewaspadaan tentang bahayanya Covid-19," ujarnya.

Sementara Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Anwar Puteh ME, memberi dukungan yang besar terhadap kegiatan kemanusiaan yang dilakukan mahasiswa tersebut.Untuk pemeriksaan suhu tubuh pada warga yang pulang dri perantaun memang sangat penting dilakukan sebagai upaya skreening Covid-19.

"Kegiatan seperti ini juga bagus untuk memupuk jiwa kepedulian mahasiswa terhadap permasalahan kesehatan yang saat ini terjadi. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Satgas Covid Pidie Jaya atas sambutan terhadap mahasiswa kami dan izin kerjasama terkait pemeriksaan suhu tubuh pada warga dari perantauan," tutup Anwar Puteh.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar