Mahasiswa KKN Ciptakan Chamber Antiseptik

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 59 Universitas Malikussaleh membuat alat antisipasi penyebaran virus Corona (Chamber antiseptik). Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 59 Universitas Malikussaleh membuat Chamber antisipasi penyebaran virus Corona  di laboratorium Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe.

Pembuatan Chamber antiseptik itu sebagai upaya untuk melindungi mahasiswa, dosen dan tenaga ahli yang akan melaksanakan penelitian di laboratorium tersebut.

Mahasiswa kelompok tersebut diantaranya Indah Sativa Mulia, Noval Aznur, Ulfi Sahra, Magfirah dan Muhammad Ferdiansyah. Kegiatan itu juga didampingi oleh dua orang Dosen Teknik Sipil yaitu Said Jalalul Akbar MT dan Yulius Rief Alkhaly MEng.

Muhammad Ferdiansyah kepada Unimalnews, Selasa (2/6/2020) mengatakan selama pemberhentian kuliah, mahasiswa yang melakukan penilitian tidak bisa menggunakan fasilitas kampus salah satunya laboratorium. Tidak sedikit dari mereka merupakan mahasiwa penerima bidikmisi yang akan habis masa di waktu dekat.

"Masalah perekenomian serta pertimbangan kesiapan masa kuliah tersebut menjadi pertimbangan kami untuk membantu mereka agar dapat melanjutkan kegiatan di masa pandemi ini," katanya.

Menurut Ferdiansyah, pembuatan alat Chamber antiseptik tersebut  dipandu beberapa Dosen Prodi Teknik Sipil untuk memberi pelayanan kepada mahasiswa agar tetap dapat terjaga dari pandemi yang sedang terjadi.

"Penggunaan laboratorium ini juga dengan adanya izin dari Rektor Universitas Malikussaleh," Tuturnya.

Kepala laboratorium Yulis Rief Alkhaly MEng menyebutkan cairan yang dipakai untuk Chamber antiseptik ini berbeda dengan cairan disinfektan.

"Cairan yang digunakan untuk Chamber antiseptik ini 4,8 persen mengandung chloroxylenol, sehingga aman untuk tubuh dan bukan cairan yang biasa digunakan untuk menyemprot fasilitas umum,” terangnya.[tmi]


Kirim Komentar