Mahasiswa KKN 161 Buat Hand Sanitizer Dari Bahan Alami

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 161 Buat Hand Sanitizer dari bahan Alami. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh Kelompok 161  yang berada di Desa Gampong Barat, Kecamatan Nisam, Aceh Utara, berinisiatif membuat hand sanitizer dari bahan alami untuk dibagikan kepada masyarakat setempat.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok tersebut diantaranya, Laili Putri Yanti, Shakila dan Nurjiah dari Jurusan Sosiologi , Nur Azizah, Melya Alwiza, Dian Islami dari Jurusan Manajemen, dan Nora Sarifani dari Jurusan Antropologi. Mereka dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Zulnazri MT.

Ketua mahasiswa KKN Covid-19 Kelompok 161, Laili Putri Yanti mengatakan, kegiatan KKN kali ini penuh dengan tantangan dan rintangan karena situasi tidak seperti hari-hari biasanya. Melainkan menjalankan KKN di saat pandemi Covid-19 menyerang.

“Tetapi hal ini yang menimbulkan semangat kami untuk menjalankan agenda ini dengan kata lain untuk membantu sesama mencegah Covid-19 agar tidak menyebar luas,” katanya.

Lanjut Laili , dalam upaya pencegahan Covid-19, seluruh anggota kelompok berinisiatif membuat Hand Sanitizer sebagai alternatif untuk cuci tangan dan dibagikan kepada masyarakat setempat baik yang bekerja di luar rumah maupun untuk masyarakat yang ada di gampong tersebut.

Menurutnya, Hand Sanitizer  dapat dibuat dari bahan-bahan yang ada disekitar, seperti daun sirih yang merupakan antiseptik alami yang dapat membunuh kuman, kemudian lidah buaya bisa dipakai sebagai pelembab di kulit.

"Pembuatan hand sanitizer tersebut cukup mudah untuk dilakukan karena prosesnya sederhana. Pertama, daun sirih dipotong kecil-kecil kemudian direbus selama 15 menit, hasil rebusan didinginkan terlebih dahulu, sementara lidah buaya diambilkan gel nya. Setelah dingin air daun sirih dan gel lidah buaya ditambahkan perasan air jeruk nipis sebagai aroma pada hand sanitizer," jelasnya.[tmi]


Kirim Komentar