Di Kandang, Kelompok KKN 324 Sosialisasi Kesehatan dan Bagi Masker

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Covid-19 Universitas Malikussaleh dari Kelompok 324 melakukan  sosialisasi pentingnya menjaga kesehatan di MIS Gampong Meunasah Manyang Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, awal November. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Kandang – Mahasiswa KKN Covid-19 Universitas Malikussaleh dari Kelompok 324 melakukan  sosialisasi pentingnya menjaga kesehatan di MIS Gampong Meunasah Manyang Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe.

Kelompok 324 yang beranggotakan  Wahyudi, Nur Shafrina, Mardiana, Sevila Dwi Nadia, dan Dhuha Samyra yang semuanya dari Prodi Akuntansi. Menurut Ketua Kelompok, Wahyudi, sosialisasi hidup sehat dilakukan bagi murid Madrasah Ibtidaiyah Swasta di Gampong Meunasah Manyang, Kandang.

Membiasakan hidup bersih dan sehat dapat dimulai dari hal-hal kecil seperti membiasakan untuk cuci tangan sebelum melakukan kegiatan terutama sebelum makan, membiasakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, membuang sampah pada tempatnya, dan menjaga kebersihan di lingkungan rumah masing-masing.

“Dari hal-hal kecil itu kita dapat mewujudkan lingkungan bersih dan sehat sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit,” kata Wahyudi.

Dalam sosialisasi yang di lakukan pada era new normal ini, Kelompok 324 tetap menerapkan protokol kesehatan. "Anak-anak yang mengikuti sosialisasi ini terlebih dahulu kami semprotkan hand sanitizer dan juga kami berikan masker,” ujar Nur Shafrina.

Pada  saat  penyampaian  materi, anak-anak  juga  diajak  untuk  melihat penayangan  video  yang  menceritakan tentang efek yang ditimbulkan apabila tidak mencuci tangan  setelah bermain  dan  tidak menyikat  gigi  setelah  makan. 

Kepala MIS Kandang, Sayuti SPdI, mengaku senang dengan kegiatan mahasiswa KKN tersebut, apalagi kegiatan sosialisasi dan pemberian masker dilakukan dengan metode yang menarik perhatian murid.

Sebelumnya, Kelompok 324 juga membagikan masker untuk masyarakat Gampong Meunasah Manyang di balai pengajian gampong. Pembagian masker secara gratis dilakukan untuk membiasakan masyarakat setempat menjalankan protokol kesehatan.

Penyerahan masker  diterima langsung oleh pimpinan 4 balai pengajian di Gampong Meunasah Manyang, yaitu dua di Dusun Bineh Blang, Dusun Masjid, dan Dusun Bineh Bangka. “Pembagian masker juga kami lakukan di jalan dan warung-warung kopi yang ada di Meunasah Manyang,” ungkap Wahyudi.

Keuchik Meunasah Manyang, Helmi M Ed, mengharapkan dengan pembagian masker tersebut dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan masker di era new normal. “Mahasiswa membangkitkan kembali kesadaran masyarakat untuk  memakai masker,” katanya. [ayi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar