Pemenang Bertambah, Ini Para Juara Lomba Menulis Artikel Dies Natalis Unimal Ke-52

SHARE:  

Humas Unimal
Kepala UPT Kehumasan Universitas Malikussaleh, Teuku Kemal Fasya.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Lomba menulis artikel bertema “Unimal Sebagai Kiblat Intelektualisme dan Strategi Pengembangan Aceh Baru” diumumkan, Rabu (13/7/2021). Jumlah kategori pemenang bertambah menjadi enam setelah panitia menambahkan tiga pemenang favorit.

Kegiatan lomba menulis artikel yang menjadi bagian dari peringatan Dies Natalis Universitas Malikussaleh ke-52 ini telah berlangsung sejak 8 Juni 2021 lalu. Perlombaan ini berhasil mengumpulkan 39 artikel mahasiswa yang dinilai.

Menurut panitia lomba menulis, Kurniawati, lomba tersebut terbuka bagi mahasiswa yang kuliah di Lhokseumawe, Aceh Utara, dan Bireuen. Puluhan artikel yang masuk memang hasil karya para mahasiswa dari beberapa kampus terkemuka di wilayah Pasai Raya tersebut.

“Panitia menerima lebih 39 artikel, tapi ada yang terpaksa didiskualifikasi karena ada beberapa peserta mengirim lebih dari satu artikel. Kita pilih satu yang terbaik dan kemudian dimasukkan ke dalam penilaian,” ungkapnya.

Menurut juri lomba, Ayi Jufridar, peserta lomba memberikan beberapa ide dan motivasi bagi pembaharuan dan kemajuan Unimal. “Mereka mengakui bahwa Unimal telah menjadi blok intelektual utama di Aceh dan menjadi kampus terkemuka dengan ide-ide perubahan yang pasti,” ujar Ayi.

Namun, seperti perlombaan menulis yang selama ini terjadi, ada kelemahan klasik bagi penulis muda, yaitu ketidaksediaan untuk melakukan editing.

“Jadi kami menemukan ada banyak mis-spelling, salah ketik, penempatan kata depan dan huruf kapital yang tidak tepat, dan sebagainya. Sebagai penulis profesional kita menganggap ini kelemahan mendasar yang harus diperbaiki,” lanjut Ayi yang juga dikenal sebagai novelis dan juga Kabid Publikasi dan Informasi UPT Kehumasan dan Hubungan Eksternal Unimal.

Menurut panitia, karena tingginya animo peserta, akhirnya kategori juara ditambah. Dari sebelumnya hanya menetapkan juara 1, 2, dan 3, kini ditambah dengan tiga juara favorit.

Adapun pemenang lomba menulis Dies Natalis Unimal ke-52 adalah juara 1 direbut oleh Khoirunnisa (Unimal), juara 2 Viona Bella Rosalina (Unimal), dan juara 3 Mirna (IAIN Lhokseumawe).

Sedangkan juara harapan diraih oleh Furqan Syuhada, Samuel Siagian, dan Muhammad Febriansyah. Ketiganya adalah mahasiswa Universitas Malikussalaeh.

Juara 1 mendapatkan sertifikat dan hadiah uang tunai sebesar Rp2.000.000, juara 2 sertifikat dan uang Rp1.500.000, dan juara 3 sertifikat dan uang Rp1.000.000. Adapun untuk juara favorit mendapatkan sertifikat dan uang masing-masing Rp150.000.

Menurut Teuku Kemal Fasya, kepala UPT Kehumasan dan Hubungan Eksternal Unimal, artikel mahasiswa ini semula  diumumkan pada 12 Juli 2021. Namun hasil penilaian pemenang harus di-screening lagi dengan mengecek plagiarisme sehingga baru bisa mengumumkan pemenang pada 13 Juli 2021.

“Hasilnya ternyata ada yang masuk dalam radar pemenang harus digugurkan karena memiliki similiarities mencapai 50 persen. Kami juga mengganti peringkat untuk yang memiliki similiarities tinggi setelah melalui penelusuran di Plagiarism CheckerX. Dengan ini kami juga menegaskan bahwa plagiarisme dalam segala bentuknya adalah terlarang dan tidak ditoleransi. Pelajaran juga untuk para dosen untuk lebih orisinil dalam menulis,” papar Kemal mengingatkan. [ded]

Baca juga: Unimal Adakan Lomba Menulis Artikel Untuk Mahasiswa, Ini Syaratnya

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar