Mahasiswa KKN P27 Latih Masyarakat Cara Buat Sabun Cuci Piring

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN P27 Latih Masyarakat Cara Buat Sabun Cuci Piring. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhokukon - Mahasiswa KKN perorangan 27 Universitas Malikussaleh, Nurul Ikhsanti membuat sabun cuci piring dan dibagikan untuk masyarakat di Gampong Cinta Makmur Unit VI Spb, Kecamatan Baktiya, Aceh Utara, Selasa (6/7/2021).

Nurul Ikhsanti mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program KKN yang dilaksanakan di gampong tersebut. Dengan adanya pelatihan produksi sabun cuci piring maka diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Kegiatan ini dilaksanakan di rumah warga, dan diikuti oleh ibu-ibu gampong setempat,” katanya.

Nurul menjelaskan, bahan baku yang dibutuhkan untuk pembuatan sabun cuci piring tersebut yaitu, pewarna, texapone, anti bakteri, emal needle, dan garam halus. Untuk proses pembuatan, dia menyebutkan tidak terlalu sulit.

“Prosesnya yaitu campurkan texapon dan emal needle kedalam 12 liter air, diam kan semalaman, rendam garam halus kedalam 3 liter air tunggu semalaman. Kemudian campurkan ketiga bahan tersebut dan tambahkan anti bakteri, bibit parfum, dan pewarna, aduk hingga kekentalan yang diinginkan, dan  bahan siap digunakan,” jelasnya.

Sementara, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL),  Sufi menyebutkan, kegiatan pelatihan ini bertujuan meningkatkan ekonomi masyarakat dalam memproduksi sabun cuci piring yang mempunyai nilai jual yang tinggi.

“Dengan kegiatan ini diharapkan Ibu-ibu dan warga Gampong Cinta Makmur bisa belajar dari kegiatan mahasiswa KKN Unimal dalam produksi pembuatan sabun cuci piring. Sehingga nantinya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari dan juga bisa memproduksinya untuk dijual,” tutupnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar