Mahasiswa Umpal Unimal Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Leuser

SHARE:  

Humas Unimal
Meriahkan Hari Kemerdekaan Ke-76, Mapala Unimal Kibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Leuser. Foto: Doc Mapala Unimal

UNIMALNEWS | Blangkejeren -  Setelah menempuh perjalanan selama tujuh hari, akhirnya enam anggota mahasiswa pencinta alam Universitas Malikussaleh yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Pencinta Alam (UKM-PA) UMPAL berhasil mencapai puncak Gunung Leuser dengan ketinggian 3.404 mdpl, Minggu (15/8/2021) dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76.

BACA: Enam Mahasiswa Umpal Unimal Akan Mendaki Gunung Leuser Selama 12 Hari

Kegiatan yang bertajuk "Ekspedisi Merah Putih Gunung Leuser 2021" tersebut dimulai dengan perjalanan dari Lhokseumawe menuju Gayo Lues pada  Jumat (6/8/2021). Keberangkatan mereka dilepas langsung oleh Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng di Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe. Sesampainya di Gayo Lues, pada Sabtu (7/8/2021), Rektor juga memandu keenam mahasiswa sekaligus memeriksa kelengkapan mereka sebelum mendaki gunung tersebut yang memakan waktu hingga 12 hari.

Enam anggota UMPAL yang terlibat dalam kegiatan ini adalah  Muhammad Ryanda (22), Muhammad Iqbal (25), Irhamna Ikhwan (21), Muzakir Kamal (26), Ahyar (27), dan Aisyah Amini (24).

“Setelah kami melakukan perjalanan selama tujuh hari, alhamdulillah kami sampai di puncak pada hari Minggu sekitar pukul 10 WIB dalam keadaan selamat,” kata Ahyar kepada Unimalnews, Selasa (17/8/2021).

Menurutnya, perjalanan saat turun memakan waktu  3-5 hari untuk menuju basecamp. Dalam perjalanan turun tersebut, pihaknya akan melaksanakan summit attack ke Puncak Tanpa Nama (3.455 mdpl) dan Puncak Angkasan (2.905 mdpl) yang sebelumnya hanya dilewati saja.

“Sejauh ini kondisi tim baik dan sehat. Keluhan seperti biasa tetap  menyangkut asupan gizi. Pendakian ini bertujuan untuk pengibaran Bendera Merah Putih, memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76 dan sebagai momen 20 tahun penegerian Universitas Malikussaleh,” ungkap Ahyar.

Untuk diketahui, Gunung Leuser adalah salah satu kawasan pelestarian alam di Indonesia yang memiliki luas 1.094.692 hektar dan secara administratif pemerintahan terletak di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Provinsi Aceh meliputi Kabupaten Subulussalam, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Gayo Lues, Bener Meriah, dan Aceh Tamiang, sedangkan Provinsi Sumatera Utara meliputi Kabupaten Dairi, Karo, dan Langkat.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar