Gerakan Literasi Kelompok 164 di Paloh Punti

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 164 melakukan kegiatan literasi di Desa Paloh Punti, Muara Satu, Lhokseumawe. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Meningkatkan kemampuan literasi menjadi salah satu kegiatan utama mahasiswa Universitas Malikussaleh yang sedang melakukan kuliah kerja nyata (KKN) melakukan gerakan literasi di Paloh Punti Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe.

Salah satu kegiatan yang dilakukan mahasiswa Kelompok 164 untuk meningkatkan kecerdasan literasi di kalangan anak TK Nurul Furqon di Desa  Paloh Punti.

Ketua Kelompok KKN 164, Usnul Fikri dari Program Studi Sistem Informasi, mengatakan kegiatan literasi bagi anak TK dilakukan melalui donasi buku dan alat tulis.

“Diharapkan kegiatan ini dapat memicu semangat adik-adik dalam membaca dan belajar banyak hal,” Usnul Fikri, beberapa waktu lalu.

Kegiatan pembelajaran dan games yang mereka bawakan yaitu berupa pengenalan nama buah, nama hewan, nama nabi dan rasul, serta belajar membaca.

“Anak-anak TK itu tampak semangat dan ikut bernyanyi ketika kami dari mahasiswa KKN Kelompok 164 memutar lagu anak-anak,” tambah Riatul Jannah, anggota Kelompok 164.

Mahasiswa Kelompok 164 dengan dosen pembimbing lapangan Marzuki, M.Si, beranggotakan Danil Ardiansyah, Chairil Muntazar, Olivia Purnama (Sistem Informasi), Azi Muhammad Iqbal (Teknik Mesin), Fitria Ramadhani (Administrasi Publik), Ira Salwa (Teknik Industri), Riatul Jannah (Administrasi Publik), Hayatul Misra, Maisara Tunnisa (Administrasi Bisnis).

Mahasiswa KKN kelompok 164 sebelumnya telah disambut baik oleh perangkat desa dan tokoh masyarakat Paloh Punti dalam upacara serah terima yang  sederhana.  

Setelah disambut dengan hangat, mereka langsung berinisiatif membersihkan area meunasah yang dijadikan posko mahasiswa Kelompok 164.

Marzuki selaku dosen pembimbing lapangan meminta agar kelompok KKN mampu mencari potensi desa. “Banyak sekali hasil pertanian dan perkebunan yang dihasilkan di Paloh Punti yang bisa kalian angkat dan kembangkan dalam program kerja,” pungkas Marzuki.[ayi]

Baca juga: Program Senyum Ceria Ala Mahasiswa KKN Kelompok 165


Kirim Komentar