Mahasiswa KKN 242 Sosialisasi Pembuatan Pestisida Nabati untuk Segala Jenis Hama

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 242 Sosialisasi Pembuatan Pestisida Nabati untuk Segala Jenis Hama. foto: ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 242 Universitas Malikussaleh  melakukan sosialisasi pembuatan pestisida nabati untuk hama yang  menyerang segala jenis  tanaman di Gampong Meunasah Dayah, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, Kamis (11/11/2021).

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 242  adalah Suryadi, Muhammad Hadid Al Hafizh, Eka Ayu Lestari, dan Cindy Septia dari Agroekoteknologi. Kemudian, Dina Fitriana, Pela Triananda, Cut Putri Sarah, Ummi Kulsum Hasibuan dari Manajemen, Pipi Lestari, dan Adela Fauza dari  Hukum. Mereka semua dibawah Dosen Pembimbing lapangan (DPL), Ti Aisyah  MSP.

Ketua KKN PPM kelompok  242  Suryadi mengatakan, Gampong Meunasah Dayah merupakan salah satu  wilayah yang memiliki lahan pertanian cukup luas dan berpotensi semakin berkembangnya produksi dandi bidang pertanian. Hal ini dapat dilihat dari berbagai jenis  komoditas tanaman yg ditanam di sana mulai dari  tanaman ubi kayu, pisang, jahe dan komoditas tanaman lainnya yang dibudidayakan secara luas dan berkelanjutan.

“Untuk mencegah terjadinya serangan hama di lahan tersebut, mahasiswa KKN PPM Unimal  kelompok 242  membuat inovasi penunjang kebutuhan pertanian berupa pestisida nabati untuk mengurangi dan mengantisipasi resiko terjadinya  serangan hama secara signifikan,” katanya.

Suryadi  menyebutkan, hama yang berkaitan dengan kegiatan budidaya tanaman adalah semua hewan yang dapat merusak tanaman atau hasil dengan aktivitas hidupnya yang dapat menimbulkan kerugian secara ekonomis. Pestisida nabati merupakan bahan yang dasarnya berasal dari tumbuhan pada umumnya kaya akan bahan aktif yang berfungsi sebagai alat pertahanan alami terhadap pengganggunya.

“Bahan pestisida yang berasal dari tumbuhan dijamin aman bagi lingkungan karena cepat terurai di tanah dan tidak membahayakan manusia, hewan, atau serangga non sasaran,” ungkapnya.

Muhammad Hadid Al Hafizh selaku penanggungjawab program tersebut menyampaikan sosialisasi tersebut untuk menjelaskan kepada warga bagaimana cara pembuatan pestisida nabati untuk hama yg menyerang segala jenis tanaman .

"Pestisida ini terbuat dari campuran daun sirsak, pepaya, bawang putih,  bunga lidah buaya, dan serai. Pestisida nabati merupakan bahan yang terbuat dari fermentasi dan ekstrak tanaman atau tumbuhan yang mengandung bahan aktif tertentu dan efektif dalam mengendalikan hama penyakit tanaman,"tutupnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar