Mahasiswa KKN 022 Bantu Dosen Unimal Sosialisasi Teknologi Kompor Roket Biomassa

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 022 Bantu Dosen Unimal Sosialisasi Teknologi Kompor Roket Biomassa

UNIMALNEWS | Kuta Makmur - Mahasiswa yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata  Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM)kelompok 022 Universitas Malikussaleh melakukan kerjasama membantu sosialisasi teknologi kompor roket biomassa yang dilaksanakan oleh tim Prodi Magister Teknik Energi Terbarukan di Meunasah Gampong Keude Krueng, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Minggu (7/11/2021).

Kelompok KKN 022 ini terdiri dari 10 orang anggota yang saling bekerjasama dan dari jurusan yang berbeda-beda, yaitu Imam Mawardi, Munisa Hanum, Intan maghfirah, Rizky Amanda Yusnuri,  dari Prodi Ekonomi Pembangunan,  Afisha tirta surya lestari (Akuntansi), Mutia Sari , Putri Ulfa (Ilmu Politik), Yudhi Franata , Arif budi Prayoga  (Teknik Informatika), dan Dilla Hartanti (Psikologi). Mereka dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dedy Syahputra MH.

pemateri sosialisasi Kompor Roket Biomassa dari Prodi Magister Teknik Energi Terbarukan Unimal, Dr Adi Setiawan mengatakan, Sosialisasi ini merupakan pengenalan sekaligus demo (trial) dari kompor roket biomassa yang dibuat oleh program studi magister teknik energi terbarukan. Kompor roket biomassa ini memiliki banyak kelebihan karena hemat bahan bakar yang hanya menggunakan cacahan kayu-kayu kecil untuk menghidupkan kompor roket biomassa ini dan juga asap yang dihasilkan lebih sedikit daripada kompor minyak tanah.

“Semoga dengan adanya sosialisasi ini tentunya masyarakat dapat menilai mana kompor yang lebih efisien,hemat dan juga lebih mudah untuk digunakan karena bahan bakarnya yang mudah untuk didapat sehingga tidak bergantung pada minyak tanah ataupun gas “ ungkapnya.

Ketua KKN, Imam Mawardi menyebutkan, kegiatan ini merupakan kerjasama antara kelompok KKN 022 dengan Prodi Magister Teknik Energi Terbarukan. seperti membantu menyiapkan tempat, membersihkan tempat, dan juga membantu berjalannya acara sosialisasi ini. 

“Karena ini merupakan inovasi baru dari kompor biomassa dalam bentuk roket yang tentunya hal ini sangat berguna untuk masyarakat karena dapat digunakan untuk pribadi (rumahan) dan juga untuk acara besar seperti Maulid, kenduri dan lain-lain,” tutupnya.[tmi].   


Berita Lainnya

Kirim Komentar