Mahasiswa KKN Kelompok 135 Dukung Kegiatan Posyandu dan Turnamen Futsal 

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasisis KKN Kelompok 135 ikut menyukseskan turnamen futsal di Gampong juli Seutuy Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen, belum lama ini. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Bireuen – Mahasiswa Universitas Malikussaleh Kelompok 135 ikut mendukung kegiatan posyandu di Gampong Juli Seutuy Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen. Selain itu, mahasiswa juga ikut terlibat dalam pelaksanaan turnamen futsal liga desa.

Ketua Kelompok 135, Muhammad Ihsan, menyebutkan posyandu merupakan kegiatan rutin masyarakat Gampong Juli Seutuy setiap bulan. Keikutsertaan mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh (Unimal)  dalam kegiatan posyandu merupakan inisiatif diri sendiri untuk membantu sekaligus menambah wawasan.

“Membantu kegiatan posyandu merupakan inisiatif diri sendiri untuk meringankan kerja dari petugas kesehatan maupun ibu-ibu PKK. Mengingat petugas kesehatan yang sedikit dan ibu-ibu lansia yang kurang mengerti proses pelaksanaan,” ujarnya, belum lama ini.

Kegiatan di posyandu dimulai dengan pendaftaran terlebih dahulu dan memberikan nomor antrean agar lebih teratur dan menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker serta menjaga jarak. Ketika sudah gilirannya, mereka mengumpulkan kartu BPJS kepada petugas posyandu yang dipimpin kader di Desa Juli Seutuy.

Petugas posyandu, Jumiati, mengatakan kesehatan lansia dapat dilakukan dengan cara menimbang berat badan dan sampel darah untuk pengecekan kadar gula. Dalam kegiatan posyandu lansia, para ibu lansia diberi nasihat dan pola makan yang harus dijaga.

“Setiap kegiatan posyandu dilakukan penimbangan berat badan, sampel darah, dan edukasi kepada peserta,”  lanjut Jumiati. Dengan kegiatan ini diharapkan memberikan manfaat sekaligus  meningkatkan kesehatan lansia.

Menurutnya, dukungan mahasiswi KKN Universitas Malikussaleh sangat membantu dikarenakan kurangnya personel sehingga membutuhkan tenaga yang banyak mengingat jumlah lansia yang lumayan banyak.

Selain mendukung kegiatan posyandu, mahasiswa KKN Kelompok 135 juga menjadi panitia inti dalam menyukseskan acara turnamen Futsal League Juli Seutuy, beberapa waktu lalu. Kelompok 135 menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan berjalannya acara dan selalu berkoordinasi dengan panitia lainnya.

Antusiasme warga juga sangat luar biasa dalam pertandingan ini. Setelah turnamen selama seminggu selesai, akhirnya tim Squid Game tampil sebagai juara pertama dan tim Evolution FC.

Penyerahan hadiah di lakukan oleh perangkat desa Juli Seutuy dan kelompok KKN 135. “Semoga turnamen ini bisa menjadi acara tahunan agar dapat terus menjalin silahturahmi antarwarga dan membangkitkan semangat olahraga,” pungkas Ihsan.

Berada di bawah bimbingan dosen Jufridar MSM, Kelompok 135 terdiri dari  Muhammad Ihsan, Sultan Syahril, Nasrullah, Summia Mayelas, dari Program Studi Teknik Sipil. Kemudian Putri Purnama Desky, Marika, Ocha Mareta, dan Rauzatul Jannah dari Program Studi Sosiologi. [kur]

Baca juga: Kontribusi Mahasiswa KKN Kelompok 135 untuk  Pengajian Anak

 

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar