Mahasiswa KKN-PPM 159 Sosialisasi Penggunaan Komputer di SDN 3 Banda Baro

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN-PPM 159 Sosialisasi Penggunaan Komputer di SDN 3 Banda Baro

UNIMALNEWS | Banda Baro - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan dan Pembelajaran  Masyarakat (KKN-PPM) kelompok 159 Universitas Malikussaleh melakukan sosialisasi penggunaan komputer di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Banda Baro, Kabupaten Aceh Utara, Selasa (16/11/2021).

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 159 berasal dari berbagai program studi, diantaranya adalah Zulkifli, Kamal Idris, Teuku Maulana dan Novita Zahratul Humairah dari Program Studi Teknik Elektro, Ova Nabila dari Program Studi Teknik Sipil, Nella Husna dan Sulastri dari Program Studi Administrasi Publik, Raihan dan Suci Fitriani dari Program Studi Sosiologi, dan yang terakhir Via Sofiana dari Program Studi Ekonomi Pembangunan. Mereka semua dibawah naungan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Mainisa MS.

Ketua kelompok, Zulkifli mengatakan, acara sosialisasi komputer ini merupakan salah satu langkah yang bagus untuk mendukung persiapan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

“Mengingat anak-anak jaman sekarang lebih sering mengenal gadget sehingga melupakan yang namanya komputer,  jadi acara ini memiliki kontribusi besar bagi para siswa untuk mengikuti ANBK,”  katanya.

Kepala Sekolah SD N 3 Banda Baro, Tarmizi S.Pd menyampaikan, ujian akhir sekolah tidak lagi menggunakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), tapi sudah menjadi ANBK. Perbedaannya, kalau UNBK itu masih semi online, sedangkan ANBK sudah full online.

“Asesmen Nasional bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran yang dilaksanakan sekolah dengan melihat kemampuan siswa. Asesmen Nasional menyasar tiga kategori penilaian. Pertama adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif, yaitu literasi dan numerasi. Kemudian ada survei karakter dan survei lingkungan belajar,”tutupnya.[tmi]


Kirim Komentar