Press Release tentang Peluncuran Program Seleksi Mandiri Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN-Barat)

SHARE:  

Humas Unimal
Halaman pertama press release Peluncuran Program SMMPTN-Barat 2022. Repost

Hari ini, Sabtu, Tanggal 26 Februari 2022, berlokasi di Jakarta, kami Panitia Pusat Seleksi Mandiri Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN-Barat) mulai meluncurkan program seleksi seleksi secara mandiri. Program ini sendiri diikuti oleh 25 Perguruan Tinggi Negeri baik yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi maupun di lingkungan Kementerian Agama.

Keterlibatan PTN yang bernaung di bawah PTN merupakan terobosan yang dilakukan para rektor yang telah tergabung dan menjadi perintis program seleksi mandiri bersama ini, untuk memperluas tingkat partisipasi seleksi dan membangun kerja sama kolaboratif antara PTN Kemdikbudristek dan Kemenag.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2020, pada Pasal 3 ayat 1 disebutkan bahwa penerimaan mahasiswa baru program sarjana (S1) pada PTN selain dilakukan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, dapat juga dilakukan melalui jalur lainnya yang diselenggarakan oleh masing-masing Perguruan Tinggi. Atas dasar itu, para Rektor PTN yang tergabung dalam BKS PTN Indonesia Wilayah Barat (BKS PTN-BARAT) bersepakat untuk menyelenggarakan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi jalur mandiri secara bersama yang dinamakan SMM PTN-Barat (SMM PTN-BARAT).

Alhamdulilah, proses perjalanan SMMPTN–Barat ini mendapatkan respons positif sehingga terus meluas partisipan PTN lainnya. Tujuannya tidak lain adalah melakukan upaya untuk memperluas tingkat seleksi di PTN-PTN terkemuka di wilayah Barat Indonesia dan juga saling membantu dalam sebuah mekanisme yang menguntungkan semua pihak yang terlibat di dalamnya.

Adapun kepesertaan SMMPTN-Barat 2022 adalah Universitas Syiah Kuala (USK), Universitas Jambi (UNJA), Universitas Lampung (Unila), Universitas Bengkulu (UNIB), Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang, Universitas Palangka Raya (UPR), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Teuku Umar (UTU), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, Universitas Samudra (UNSAM), Universitas Riau (UNRI), Universitas Siliwangi (UNSIL), Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas (UNAND), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Tanjungpura (UNTAN), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar (IAIN Batusangkar), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Penyelenggaraan SMMPTN-Barat 2022 didasarkan kepada Surat Keputusan Ketua BKS PTN Indonesia Wilayah Barat Nomor:22-01/BKS PTN-Barat/II/2022 tanggal 7 Februari 2022 tentang Perguruan Tinggi Peserta Program SMM PTN-Barat 2022 dan Surat Keputusan Ketua BKS PTN-Barat Nomor:22-02/BKS PTNBarat/II/2022 tentang Panitia Program SMM PTN-Barat 2022. Agar pelaksanaan SMM PTN-Barat 2022 dapat berjalan lancar, maka Panitia menyusun Pedoman Operasional Baku (POB) dengan mempertimbangkan hasil evaluasi pelaksanaan SMM PTN-Barat 2021 tahun lalu. POB ini sudah mengalami revisi lima kali yang tujuannya tidak lain untuk terus melakukan penyempurnaan pada pelayanan seleksi.

Seleksi calon mahasiswa jalur mandiri yang dilakukan oleh beberapa PTN Indonesia Wilayah Barat telah berjalan baik karena penyelenggaraan dilakukan  secara bersama, efisien, dan tidak bersifat sangat lokal serta memiliki opsi untuk memilih program studi pada perguruan tinggi lain yang tergabung dalam BKS PTN Indonesia Wilayah Barat. Melalui program SMM PTN-Barat 2022 ini, para peserta memiliki opsi untuk memilih maksimum 2 (dua) program studi, termasuk pada perguruan tinggi lain yang menjadi peserta SMM PTN-Barat 2022.

Adapun tujuan dari pelaksanaan SMMPTN-Barat 2022 ini adalah :

  1. Memfasilitasi para calon mahasiswa peserta seleksi mahasiswa baru jalur mandiri, memiliki opsi untuk memilih dan masuk menjadi mahasiswa pada program studi 25 (dua puluh lima) perguruan tinggi yang tergabung dalam program SMM PTN-Barat.
  2. Menyeleksi secara bersama, calon-calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik.

Meskipun Panitia SMMPTN-Barat membuat panduan yang bersifat seragam, ada beberapa peraturan khusus yang dibuat berdasarkan karakter PTN yang terlibat di dalam program ini. Antara lain :

  1. Pendaftaran
  1. Meskipun ada kebolehan dalam menggunakan paket C, para pendaftar harus menggunakan ijazah.
  2. Bagi lulusan paket C pada tahun  tahun 2022, telah memiliki Surat Keterangan Lulus yang memuat sekurang-kurangnya informasi jati diri, pas foto yang bersangkutan, serta dibubuhi cap yang sah.
  3. Peserta seleksi dalam kondisi kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran pada program studinya.
  4. Ijazah adalah 3 tahun terakhir 2020, 2021, dan 2022 kecuali untuk beberapa universitas:

? UMRAH, UNJA, UTU dan Unimal tahun ijazah 5 tahun terakhir ( 2018, 2019, 2020, 2021, dan 2022);

? ISBI Aceh menerima tahun ijazah 10 tahun terakhir yaitu mulai ijazah dari tahun 2013 sampai dengan 2022 dan Paket C maksimal umur 35 tahun; dan

? UPR 3 tahun terakhir (2020, 2021, dan 2022) untuk Fakultas Kedokteran dan 5 tahun terakhir (2018, 2019, 2020, 2021, dan 2022) untuk fakultas lainnya, dan Paket C maksimal umur 25 tahun.

 Penerimaan

Peserta seleksi lulus pendidikan menengah, lulus SMM PTN-BARAT 2022, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh masing-masing PTN penerima, termasuk besaran nilai UKT dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) yang besarnya dapat dilihat pada website perguruan tinggi masing-masing.

 

  1. Prosedur Pendaftaran dan Registrasi
  1. Seluruh proses pendaftaran SMMPTN-Barat dilakukan secara online.
  2. Pengisian borang (formulir) pendaftaran ujian tulis dan portofolio dilakukan melalui website https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan cara memasukan seluruh data yang diperlukan secara benar.
  3. Pendaftaran dimulai sejak tanggal 1 April s.d 27 Juni 2022, pukul 16:00 WIB, kemudian bagi para peserta ujian SMM PTN-Barat 2022 yang telah melakukan pembayaran biaya pendaftaran paling lambat pada tanggal 27 Juni 2022, pukul 16.00 WIB namun belum menuntaskan pengisian formulir pendaftaran secara online, diberi kesempatan untuk menyelesaikannya dan melakukan simpan permanen paling lambat tanggal 28 Juni 2022, pukul 14.00 WIB dan batas. Tanggal-tanggal di atas harus menjadi perhatian penting bagi pendaftar agar tidak kedaluarsa sehingga tidak bisa mengikuti proses seleksi SMMPTN-Barat 2022 secara benar.
  4. Pada saat melakukan pendaftaran secara online, bagi peserta yang mengikuti SBMPTN 2022, diminta memasukkan nomor tes SBMPTN 2022 pada kolom yang disediakan.
  5. Biaya registrasi dan seleksi ditetapkan sebesar Rp350.000,- (tiga ratus lima puluh ribu rupiah) dan tidak bisa ditarik kembali ketika telah dibayarkan atas alasan apapun.

Adapun hal-hal detil lainnya dapat dilihat di situs https://smmptnbarat.id.

Demikian Press release ini kami sampaikan sebagai acuan informasi tentang peluncuran program SMMPTN-Barat 2022.

 

Panitia SMMPTN–Barat 2022

Ketua,                                                           

 

 

Prof. Dr. Ir. H. Aras Mulyadi, M.Sc                

Rektor Institut Teknologi Sumatera


Kirim Komentar