Unimal Laksanakan Pelatihan Teknis Proposal PKM

SHARE:  

Humas Unimal
Prof Sayuti sedang melakukan bimbingan proposal PKM Unimal di Meurah Silue. Foto : Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Universitas Malikussaleh melaksanakan pelatihan teknis pengunggahan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), di Kampus Lancang Garam Lhokseumawe, Selasa (29/3/2021). Kegiatan diikuti oleh 155 pengusul dari seluruh fakultas di lingkungan Unimal.

Menurut ketua pelaksana seleksi PKM 2022, Arnawan Hasibuan, MT program PKM ini terbagi kepada delapan bidang, yaitu PKM Riset Eksak, PKM Riset Humaniora, PKM Kewirausahaan, PKM Pengabdian Masyarakat, PKM Penerapan IPTEK, PKM Karsa Cipta, dan PKM Karya Inovatif. “Nomenklatur PKM ini sendiri telah mengalami perubahan dari 2021”, ungkap Arnawan. Menurut Arnawan ada dua PKM lagi yang ditambah yaitu PKM Gagasan Futuristik dan PKM Artikel Ilmiah.

Menurut ketua Koordinator MBKM Unimal, Prof Dr Sayuti, kegiatan ini dilakukan untuk memantapkan pemahaman panduan proposal sesuai dengan format masing-masing. “Kita menerima 315 proposal yang kemudian kami seleksi menjadi 125 proposal. Untuk dua bidang PKM lainnya ditambah masing-masing 15 buah sehingga total 155. Proses seleksi kami lakukan berdasarkan masukan reviewer yang telah pernah membimbing sebelumnya,”tambahnya.

Acara Bimtek itu dilakukan sebagai upaya untuk sinkronisasi proposal sesuai panduan yang diinginkan Kemristekdikbud, sehingga kemungkinan memenangkan PKM ini menjadi tinggi. “Ini untuk mengantisipasi sedikitnya proposal yang lolos seperti tahun lalu yang hanya tiga proposal,” ungkap Sayuti.

Pelatihan tersebut juga memandu mahasiswa untuk bisa mengunggah secara online. “Kita harapkan akan semakin banyak yang lolos dan didanai di tingkat nasional, syukur-syukur tembus hingga Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). Hal itu akan berdampak pada Indeks Kinerja Utama (IKU) bidang 2, yaitu prestasi mahasiswa di tingkat nasional,” tutup Sayuti [tkf].

 

 


Kirim Komentar