Kontribusi Nyata Mahasiswa KKN Kelompok 09 di Posyandu Binjee

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 09 ikut mendukung kegiatan Posyandu di Gampong Binjee Kecamatan Nisam, Aceh Utara. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh – Mahasiswa Universitas Malikussaleh yang menggelar program kuliah kerja nyata pembelajaran pemberdayaan masyarakat (KKN-PPM) di Gampong Binjee Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara, mengoptimalkan kapasitasnya di bidang kesehatan dengan berkontribusi nyata di Pos Pelayanan Terpadu (posyandu) setempat.

Anggota Kelompok 09 yang sebagian besar berasal dari Fakultas Kedokteran, membantu pertugas kesehatan di Posyandu. Mereka ikut menilai pertumbuhan dan perkembangan anak dengan melakukan pemeriksaan berbagai parameter, seperti penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan,  pengukuran lingkar lengan atas, serta pemberitan makanan tambahan.

Sejak awal, dosen pembimbing lapangan Kelompok 09, Ayi Jufridar, MSM, mengingatkan mahasiswa untuk berperan aktif dan produktif dalam program serta kegiatan kesehatan masyarakat karena banyaknya anggota kelompok dari Fakultas Kesehatan. Harapan senada juga disampaikan Keuchik Binjee, Murhaban, ketika berdialog dengan mahasiswa.

Mahasiswa KKN Kelompok 09 di Desa Binjee yang berasal dari Fakultas Kedokteran adalah M. Abrar Roffa, Farianti Zuhra, Imam Irawan Saputra Hasibuan, Nadia Ulfa, dan Nailatul Uhya.

Anggota kelompok lainnya adalah Irna Nurul Hidayah dari Teknik Arsitektur, Khairunnisah Hasibuan (Pendidikan Fisika), Zaky Dwidana Nasution (Agribisnis), Sandro Adhitama (Teknik Mesin), Muhammad Reza (Teknik Sipil), serta Khairul Ambia (Teknik Informatika). Kelompok tersebut diketuai Ahmad  Fajrul Amin dari Teknik Informatika.

Salah satu anggota kelompok, Muhammad Abraar Roffa(Kedokteran), menyampaikan pentingnya kegiatan Posyandu ini. Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu agenda rutin puskesmas yang diadakan setiap bulan.

“Kegiatan Posyandu sangat penting karena melibatkan penilaian terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak-anak di Gampong Binjee. Melalui penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, dan pengukuran lingkar lengan atas, kami dapat memantau kesehatan anak-anak serta memberikan saran dan edukasi kepada orang tua mengenai pola makan yang sehat dan pentingnya perawatan anak,” ungkapnya, Rabu (21/6/2023).

Kegiatan mahasiswa di Posyandu ikut membantu dalam pendaftaran peserta, pengukuran parameter pertumbuhan anak-anak, dan memberikan informasi tentang kesehatan kepada orang tua.

“Kami berharap partisipasi kami dalam kegiatan Posyandu ini dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Gampong Binjee. Kami berupaya memberikan pelayanan terbaik dan informasi yang bermanfaat kepada orang tua agar mereka dapat memahami pentingnya menjaga kesehatan anak-anak mereka," tambah Ahmad Fajrul Amin, Ketua Kelompok 09.

Dalam kegiatan Posyandu kali ini, Kelompok 9 KKN-PPM Universitas Malikussaleh berhasil melayani puluhan anak dan memberikan laporan hasil pemeriksaan kepada orang tua mereka. Kehadiran mahasiswa KKN-PPM ini diharapkan dapat terus memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat di Gampong Binjee.

Kegiatan Posyandu di Gampong Binjee, Kecamatan Nisam, Aceh Utara, yang melibatkan mahasiswa KKN-PPM Universitas Malikussaleh Kelompok 9 ini diapresiasi oleh masyarakat setempat dan diharapkan dapat berlanjut secara berkala guna mendukung peningkatan kesehatan generasi muda di daerah tersebut.[bas]

Baca juga: Pengajian Rutin Mahasiswi Kelompok 09 di Meunasah Gampong Binjee

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar