Mahasiswa KKN Kelompok 09 Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Warga Door to Door

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 09 Universitas Malikussaleh menggelar pemeriksaan kesehatan dari pintu ke pintu (door to door) bagi warga Gampong Binjee Kecamatan Nisam, Aceh Utara. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh – Mahasiswa KKN Kelompok 09 Universitas Malikussaleh menggelar pemeriksaan kesehatan dari pintu ke pintu (door to door) bagi warga Gampong Binjee Kecamatan Nisam, Aceh Utara, menjelang pelaksanaan program KKN berakhir.

Program kerja yang berkaitan dengan kesehatan tersebut dilakukan untuk memeriksa tensi darah, pengecekan kadar gula darah, dan pemeriksaan asam urat setiap warga. “Selanjutnya, warga kami rekomendasikan pengobatan ke Puskesmas atau rumah sakit,” ungkap Imam Irawan Saputra Hasibuan, beberapa waktu lalu.

Menurut mahasiswa Fakultas Kedokteran tersebut, mereka bertekad memberikan perhatian khusus kepada warga lanjut usia (lansia) di Gampong Binjee. Lansia sering membutuhkan perawatan kesehatan ekstra, dan dengan inisiatif ini, “Kami berharap dapat memberikan manfaat langsung kepada warga yang membutuhkan,” tambah Imam.

Ia berharap, mahasiswa Kelompok 09 dapat membantu warga dalam memantau kesehatan dan mencegah penyakit yang mungkin timbul akibat kondisi yang tidak terawat dengan baik.

Salah satu warga yang mendapatkan pemeriksaan kesehatan ini, Ibu Nurmalawati, mengungkapkan apresiasi dan rasa terima kasihnya atas diadakannya kegiatan ini. Menurutnya, pemeriksaan kesehatan warga secara langsung sangat membantu dalam memantau kesehatan. “Kami jadi tahu kondisi tubuh kami secara lebih baik,” kata Nurmalawati.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan dari pintu ke pintu tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi warga Gampong Binjee, tetapi juga memperkuat hubungan antara masyarakat dan universitas. Melalui partisipasi aktif mahasiswa dalam masyarakat, upaya untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan warga dapat terwujud.

Kegiatan ini juga sejalan dengan semangat KKN-PPM, yaitu mengaplikasikan ilmu dan nilai-nilai yang dimiliki oleh mahasiswa untuk memperbaiki keadaan masyarakat sekitar.

Dosen pembimbing lapangan Kelompok 09, Ayi Jufridar, menyebutkan serangkaian program kerja berkaitan dengan kesehatan sudah dilakukan mahasiswa. Selain pemeriksaan kesehatan warga dari pintu ke pintu, sebelumnya juga sudah ada penyuluhan tentang perilaku hidup sehat dan bersih serta ikut mendukung kegiatan di Posyandu.

“Sejak awal, saya mengingatkan mahasiswa untuk berperan aktif dan produktif dalam program serta kegiatan kesehatan masyarakat karena banyaknya anggota kelompok dari Fakultas Kesehatan. Harapan senada juga pernah disampaikan Keuchik Binjee, ketika berdialog dengan mahasiswa,” ujar dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut.

Mahasiswa KKN Kelompok 09 di Desa Binjee yang berasal dari Fakultas Kedokteran adalah M. Abrar Roffa, Farianti Zuhra, Imam Irawan Saputra Hasibuan, Nadia Ulfa, dan Nailatul Uhya.

Anggota kelompok lainnya adalah Irna Nurul Hidayah dari Teknik Arsitektur, Khairunnisah Hasibuan (Pendidikan Fisika), Zaky Dwidana Nasution (Agribisnis), Sandro Adhitama (Teknik Mesin), Muhammad Reza (Teknik Sipil), serta Khairul Ambia (Teknik Informatika). Kelompok tersebut diketuai Ahmad  Fajrul Amin dari Teknik Informatika. [bas]

Baca Juga: Kontribusi Nyata Mahasiswa KKN Kelompok 09 di Posyandu Binjee

 

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar