Antropologi Unimal Melakukan Workshop Jurnal Elektronik

SHARE:  

Humas Unimal
Kegiatan Workshop Prodi Antropologi di Bukit Indah. Foto : Istimewa

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Prodi Antropologi Universitas Malikussaleh melaksanakan workshop tentang pengelolaan jurnal elektronik menuju akreditasi. Kegiatan workshop itu sendiri dilaksanakan dua hari yaitu Senin-Selasa (10-11/8/2020) di Prodi Antropologi, Jalan Sumatera, Bukit Indah, Lhokseumawe.

 

Kegiatan pelatihan ini dalam rangka penguatan pengelolaan Aceh Anthropological Jurnal (AAJ) terkait aspek penguatan sumber daya manusia, pengelolaan, identifikasi masalah, tantangan dan peluang menuju jurnal terakreditasi dan bereputasi. Kegiatan itu diikuti oleh seluruh pengelola AAJ, yaitu para dosen Antropologi dan tenaga kependidikan. Kegiatan ini diisi oleh fasilitator yaitu Ketua Badan Pengelola Jurnal Unimal, Nasrul ZA, MT dan manejer di beberapa jurnal Khairul Amin, Ssos.

 

Menurut salah seorang dosen Antropologi, Dr Ibrahim Chalid, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal di Prodi Antropologi. Menurutnya AAJ diharapkan menjadi media penyebaran ilmu pengetahuan yang progresif. Maka tak lain kekuatan jurnal untuk mengkaji pada aspek local knowledge menjadi tantangan pengetahuan antropologi saat ini. “Dunia semakin merayakan perbedaan di era global ini, artinya nilai-nilai partikular setiap kebudayaan dihargai dengan tingkat respek tinggi”, tambah Ibrahim.

 

Salah seorang dosen Antropologi, Ade Ikhsan Kamil menyatakan bahwa semua dosen muda di Antropologi saat ini sedang bersemangat untuk memperbaiki mutu penerbitan dan pengajaran di Unimal. Apalagi saat ini Antropologi dimasukkan oleh rektor Unimal di dalam Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri sebagai centre of excellence pengembangan pengetahuan Indonesia, terkait kerja sama dengan diaspora Indonesia pada perguruan tinggi di Amerika. “Kesempatan ini jangan lepas dari tangkap, harus kita rebut dengan persiapan yang matang dan seksama”, ungkap Ade. [tkf]

 


Kirim Komentar