Puskom Unimal Gelar Pelatihan Penggunaan Elearning

SHARE:  

Humas Unimal
Pelatihan Penggunaan Elearning oleh UPT Pusat Komputer (Puskom) Universitas Malikussaleh, Kamis (17/9/2020). Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – UPT Pusat Komputer (UPT Puskom) Universitas Malikussaleh Lhokseumawe menggelar pelatihan penggunaan elearning untuk dosen di lingkungan setempat. Kegiatan yang dilaksanakan pada 17-18 September disambut antusias oleh peserta. Pelatihan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan memaksimalkan penggunaan elearning bagi pengajar Unimal pada semester mendatang.

Khairul Fajri, seorang staf Puskom sekaligus tutor pelatihan mengungkapkan bahwa sebenarnya banyak dosen sudah familiar dengan elearning Unimal, namun Puskom merasa terpanggil untuk memaksimalkan karena sebelumnya belum sempat diberi pelatihan bagi dosen dalam penggunaan elearning, sehingga ada sebagian dosen yang masih kebingungan dengan aplikasi tersebut.

“Sebelumnya banyak dosen yang sudah menggunakan aplikasi Elearning Unimal dalam proses belajar mengajar pada semester yang lalu. Elearning bagi mereka bukanlah sesuatu yang baru, namun untuk memaksimalkan penggunaan kedepan kita buat pelatihan, karena sebelumnya belum pernah kita buat kegiatan pelatihan bagi dosen,”katanya. 

Khairul menambahkan bahwa pelatihan dilaksanakan selama dua hari dan tiap harinya dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan sekira pukul 09-11WIB, dan sesi kedua jam 14-16WIB, setiap harinya, yaitu Kamis dan Jum’at, 17-18 September 2020. Pelatihan dilaksanakan  di Laboratorium Pusat Komputer, Unimal, Bukit Indah Lhokseumawe. Sebelum mengikuti pelatihan, peserta harus melakukan registrasi secara online dan bebas memilih hari dan sesi pelatihan. 

“Sebenarnya pada hari pertama pelatihan yang mendaftar 15 orang, namun yang ikut 18 orang, yakni sesi pertama ada 10 peserta dan sesi kedua diikuti oleh delapan peserta. Sedangkan pada hari kedua kuota peserta ada 15 orang yang akan kita laksanakan dalam dua sesi, pagi dan siang,”jelasnya.

Pantauan UnimalNews, dosen peserta pelatihan dari berbagai jurusan sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Mereka juga mengungkapkan berbagai pengalaman saat menerapkan elearning dalam perkuliahan pada semester yang lalu. Sebagian lainnya mengaku masih kebingungan dengan aplikasi tersebut dan memilih menggunakan aplikasi lain. Namun mereka mengaku senang dengan adanya pelatihan yang dilaksanakan oleh UPT Puskom. Setidaknya pelatihan penggunaan elearning tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dosen dan memaksimalkan penggunaan elearning Unimal kedepan.

“Sebenarnya banyak dosen yang ingin ikut pelatihan lagi pada sesi berikutnya. Namun kami membatasi peserta  hanya bisa mengikuti pelatihan dalam satu sesi,”Pungkas Khairul.[ded]


Kirim Komentar