Dr Dahlan Abdullah Bahas Intelejensi Informatika di Jepang

SHARE:  

Humas Unimal
Dosen Teknik Informatika Universitas Malikussaleh, Dr Dahlan Abdullah, membahas tentang kecerdasan informatikan dalam The 2019 2nd International Symposium on Advanced Intelligent Informatics di Fukuoka, Jepang, Rabu (4/9/2019). Foto: IST.

UNIMALNEWS | Fukuoka – Dosen Teknik Informatika Universitas Malikussaleh memberikan presentasi pada  The 2019 2nd International Symposium on Advanced Intelligent Informatics (SAIN), salah satu international simposium yang membahas tentang kecerdasan informatika (intelligent informatics).

Dalam presentasinya, Dahlan membahas tentang bagaimana mengejar tingkat efisiensi program studi di Universitas Malikussaleh dengan judul Hesitant Fuzzy-Stochastic Data Envelopment Analysis (HF-SDEA) Model for Benchmarking. Materi tersebut relevan dengan jabatan Dahlan di Unimal sebagai Kepala Unit Pelayanan Teknis Pengembangan Program Studi.

Dalam presentasinya, Dahlan menjelaskan tentang kecerdasan informatika yang mencakup mesin dan perangkat lunak (machine learning and soft computing), Penggalian dan anasisis data (data mining & big data analytics),  visi dan pengenalan pola (computer vision and pattern recognition), serta automated reasoning.

Baca juga: Dr Dahlan Abdullah Hadiri Simposium Cendekia Kelas Dunia

SAIN 2019 berlangsung di Fukuoka, Jepang, pada  2-4 September 2019. Menurut Dahlan, konferensi dilaksanakan oleh International Journal of Advances in Intelligent Informatics dan ASCEE Japan Section. Konferensi ini bekerja sama dengan beberapa kampus di Indonesia seperti Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Negeri Malang, Universitas Mulawarman, dan Universitas Hasanuddin.

Keynote speaker dalam konferensi ini diisi oleh Prof Yezyd Donoso dari  Universidad de los Andes, Kolombia, Prof Riyanarto Sarno dari Institut Teknologi Sepuluh November, Assoc Prof Aji Prasetya Wibawa dari Universitas Negeri Malang, dan Prof Abderrafiaa Koukam dari Université de Technologie de Belfort-Montbéliard (UTBM), Perancis.

“Seluruh paper yang diterima oleh panitia akan di publikasikan di dua jurnal yang sudah terindeks Scopus,  yaitu jurnal International Journal of Advances in Intelligent Informatics dan International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology (IJASEIT),” rinci Dahlan dalam komunikasi via sosial media langsung dari Jepang, Rabu (4/9/2019).

Sebelumnya, Dahlan Abdullah juga mengahadiri simposium cendekia kelas dunia di Jakarta dan ia kerap memberikan workshop tentang penulisan jurnal di berbagai even di dalam dan luar negeri.[ayi]

Baca juga: Dosen Unimal Jadi Pemateri Workshop Penulisan Karya Ilmiah di Bali


Kirim Komentar