Mahasiswa KKN Kebangsaan Garap Lahan Gambut

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Universitas Malikussaleh dan mahasiswa lain peserta KKN Kebangsaan melakukan sosialisasi di Desa Garantung Kecamatan Maliku Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Palangka Raya – Setelah berada di lokasi kuliah kerja nyata (KKN) Kebangsaan di berbagai desa terpencil di Kalimantan Tengah, para  peserta mulai melakukan kegiatan sosialisasi program kerja kerpada masyarakat setempat.

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh, Yoga Fransiscus Sipayung, menyebutkan dirinya bergabung dengan sejumlah mahasiswa lain sudah mulai melakukan sosialisasi program kepada masyarakat. Program kerja tersebut mereka bahas bersama dengan dosen pembimbing lapangan.    

“Salah satu program kerja yang kami sampaikan adalah water treatment dan pengolahan lahan gambut,” ungkap Yoga melalui percakapan telepon, Jumat (22/7/2022).

Yoga mendapat lokasi KKN di Desa Garantung Kecamatan Maliku Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Setelah melihat kondisi lahan setempat, mereka sepakat melaksanakan program kerja utama tentang pengolahan air dan pemanfaatan lahan gambut yang memang sangat luas di Kalimantan Tengah. Yoga dan sembilan mahasiswa dari universitas lainnya mendapat bimbingan dari Dr  Tarita Aprilani Sitinjak.

Menurut Yoga, masyarakat setempat menyambut antusias program kerja para mahasiswa dalam kegiatan sosialisasi. Mereka menyatakan siap mendukung program mahasiswa yang akan berlangsung sampai sebulan ke depan.

Dihubungi terpisah, Ketua KKN Universitas Malikussaleh, Zulkifli MH, mengingatkan mahasiswa untuk menyiapkan program kerja yang sejalan dengan kondisi di lokasi agar lebih berdampak jangka panjang bagi masyarakat. “Selain itu, juga dilihat apakah program kerja sudah sesuai dengan tema KKN,” ujar Zulkifli.

Pelaksanaan KKN Kebangsaan Angkatan X dipusatkan di sejumlah kabupaten Kalimantan Tengah dan diikuti sekitar 2.331 mahasiswa dari 73 perguruan tinggi di berbagai daerah di Indonesia, termasuk 10 dari Universitas Malikussaleh.

Para delegasi dari Universitas Malikussaleh adalah  Khaira Lulvita, Tamara Faradilla, dan Nova Safriyanti Hasibuan dari Fakultas Hukum. Kemudian Rizka Mumtiza, Fatima Udin, dan Rauf Vahrizal dari Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sementara dari Fakultas Pertanian adalah Aulia Utari, Rahayu, Try Fauzi Rahmansyah, dan Yoga Fransiscus Sipayung.

Ada pun tema KKN Kebangsaan yang diusung kali ini yakni,  “Penerapan Falsafah Huma Betang Sebagai Perwujudan NKRI untuk Mendukung Pengembangan Lumbung Pangan Menuju Kemandirian Nasional”. [ayi]

Baca juga: Mahasiswa Unimal Peserta KKN Kebangsaan Mulai Tiba di Lokasi

 

 

 


Berita Lainnya

Kirim Komentar