Aneka Lomba Tutup Program Kerja KKN Kelompok 09 di Binjee

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Kelompok 09 menggelar aneka lomba bagi anak-anak sebagai penutup program kerja di Desa BInjee Kecamatan Nisam, Aceh Utara, akhir Juni 2023 lalu. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Krueng Geukueh – Mahasiswa KKN Kelompok 09 Universitas Malikussaleh menutup program kerja dengan berbagai lomba seru bagi anak-anak di Gampong Binjee Kecamatan Nisam, Aceh Utara. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa ikut terhibur dengan berbagai lomba yang digelar mahasiswa.

Beragam perlombaan tersebut menandai berakhirnya kegiatan KKN Kelompok 09 di Gampong Binjee, Nisam, Aceh Utara, akhir Juni 2023 lalu.   

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak dalam mengasah dan menampilkan bakat mereka di berbagai bidang,” ujar  Ketua Kelompok 09, Ahmad Fajrul Amin, baru-baru ini.

Menurut mahasiswa Prodi Teknik Informatika tersebut, perlombaan meliputi tiga kategori utama, yaitu Lomba Hafalan ayat suci Al-Quran, Lomba Azan, dan Lomba Makan Kerupuk. Seiring dengan tujuan utama kegiatan ini, yakni membentuk kecintaan terhadap Al-Quran dan menumbuhkan semangat religiusitas, para peserta ditantang untuk mendemonstrasikan kemampuan mereka dalam menghafal ayat-ayat suci Al-Quran dengan baik dan benar.

Lomba Azan diadakan sebagai upaya untuk memperkenalkan dan meningkatkan kefasihan peserta dalam melantunkan panggilan adzan yang merdu. Para peserta berlomba untuk menyampaikan adzan dengan kejernihan suara serta menjaga tajwid dan intonasi yang tepat.

Sementara itu, Lomba Makan Kerupuk memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk menunjukkan kecepatan dan keahlian mereka dalam mengkonsumsi kerupuk dengan menggunakan teknik yang tepat. Lomba ini memberikan hiburan dan kegembiraan bagi para peserta serta penonton yang hadir.

Kegiatan ini disambut dengan antusias oleh masyarakat di Gampong Binjee. Anak-anak bersemangat berpartisipasi dalam perlombaan ini dan menunjukkan kemampuan terbaik mereka di depan teman-teman sebayanya.

Selain memberikan hiburan dan kesempatan berkompetisi, acara ini juga menjadi ajang untuk mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan antara mahasiswa KKN-PPM dan masyarakat setempat.

Dosen pembimbing lapangan Kelompok 9, Ayi Jufridar, SE, MSM mengapresiasi berbagai perlombaan bagi anak-anak tersebut, menurutnya, perlombaan tersebut mengasah semangat berkompetisi bagi anak-anak, selain menjadi ajang memperkuat kebersamaan antara mahasiswa dan warga desa, termasuk anak-anak.

“Saya berharap, selama sebulan berada di lokasi KKN, anak-anak Kelompok 09 meninggalkan kesan yang baik di mata masyarakat gampong. Semoga kami bisa bertemu lagi dalam kesempatan berbeda,” ujar dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut. 

Seorang mahasiswa anggota Kelompok 09, Nadia Ulfa dari Fakultas Kedokteran, mengungkapkan kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan dari kelompok mereka.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, anak-anak dapat merasakan kegembiraan dan keceriaan serta mendapatkan pengalaman berharga. Selain itu, kami juga ingin memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dalam menjalankan tugas kami sebagai mahasiswa KKN-PPM," ucapnya.

Acara perlombaan ini sukses dilaksanakan dengan antusiasme yang tinggi dari para peserta dan masyarakat setempat. Para pemenang lomba diberikan hadiah sebagai penghargaan atas prestasi mereka. Semoga kegiatan seperti ini terus dilakukan untuk mempererat hubungan antara mahasiswa dan masyarakat, serta memberikan dampak positif bagi anak-anak di Gampong Binjee.

Mahasiswa KKN Kelompok 09 di Desa Binjee diketuai Ahmad Fajrul Amin dari Teknik Informatika. Pimpinan kelompok lain adalah Wakil Ketua, M Abrar Roffa dan Farianti Zuhra, keduanya dari Fakultas Kedokteran. Kemudian Bendahara, Irna Nurul Hidayah dari Teknik Arsitektur.

Anggota Kelompok 09 adalah Imam Irawan Saputra Hasibuan, Nadia Ulfa, dan Nailatul Uhya yang semuanya berasal dari Fakultas Kedokteran. Selain itu, ada Khairunnisah Hasibuan (Pendidikan Fisika), Zaky Dwidana Nasution (Agribisnis), Sandro Adhitama (Teknik Mesin), Muhammad Reza (Teknik Sipil), serta Khairul Ambia (Teknik Informatika).[bas]

Baca juga: Mahasiswa KKN Kelompok 09 Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Warga Door to Door


Berita Lainnya

Kirim Komentar