Teknik Material Unimal Adakan Seminar Nasional Tentang Advanced High- Strength Steel

SHARE:  

Humas Unimal
Teknik Material Unimal Adakan Seminar Nasional Tentang Advanced High- Strength Steel

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Program Studi Teknik Material Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh mengadakan seminar nasional dalam rangka Lustrum I Teknik Material 2023 secara online pada Minggu (12/11/2023).

Seminar ini mengundang pemateri Faried M. Ridlo MT dari Pusat Riset Metalurgi Badan Riset dan Inovasi Nasional dengan tema “Advanced High- Strength Steel (AHSS) dan Aplikasinya di  Dunia Industri”.

Dalam kesempatan itu, Faried menyampaikan bahwa AHSS adalah jenis baja dengan kekuatan mekanik yang tinggi, yang diperoleh melalui perlakuan panas dan pendinginan yang canggih selama proses manufaktur. Baja ini menawarkan kombinasi yang optimal antara kekuatan tinggi dan ketangguhan, memungkinkan penggunaannya dalam berbagai aplikasi industri.

Aplikasi utama AHSS terutama terjadi di sektor otomotif dan konstruksi. Dalam industri otomotif, AHSS digunakan untuk membuat bagian struktural kendaraan, seperti rangka, bodi, dan bagian lainnya. Keunggulan AHSS terletak pada kemampuannya memberikan kekuatan yang tinggi dengan berat yang lebih ringan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan performa keselamatan kendaraan.

Di sektor konstruksi, AHSS digunakan untuk berbagai aplikasi, termasuk struktur bagunan, jembatan, dan infrastruktur lainnya. Penggunaan AHSS dalam konstruksi membantu menciptakan struktur yang lebih ringan namun tetap kuat, memungkinkan desain yang lebih efisien dan berkelanjutan.

Ketua Prodi Teknik Material, Dr Zulnazri menyampaikan, advance material sangat dibutuhkan di Dudi dewasa ini, diera globalisasi dan digitalisasi hampir semua device membutuhkan material of advanced yang memiliki inovasi tinggi.

“Bagan tersebut tidak hanya dapat berasal dari logam tetapi non logam juga bisa direkayasa dengan sentuhan teknologi nanokomposit menjadi produk yang handal, bahan tersebut cukup banyak tersedia di alam khususnya di Aceh yang merupakan potensi lokal komoditas non migas, sehingga kedepan dibutuhkan tenaga ahli dan profesional engineering muda yang mesti mengambil bagian dari tugas itu dan ini adalah tantangan besar buat alumni Teknik Material Unimal,” katanya.

Sembetara, Dekan Fakultas Teknik, Dr Muhammad Daud menyebutkan, pihaknya mendukung kegiatan event besar seperti ini untuk menambah wawasan mahasiswa dalam menghadapi dunia global.  Melalui kegiatan lustrum material ini banyak hal dapat dilakukan oleh mahasiswa termasuk memperkenalkan Prodi lebih dekat kepada masyarakat, dan generasi muda. 

“Harapannya mahasiswa lebih berpikir ilmiah dan kritis dalam menghadapi tantangan ke depan. Disamping itu, setelah kegiatan ini perlu kita jajaki kerjasama dengan BRIN khususnya dengan Pusat Riset Metalurgi Metalurgi, Pusat Riset Teknologi Polimer,” ungkapnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar