Prodi Teknik Sipil Unimal Adakan Webinar Tentang Jalan Tol

SHARE:  

Humas Unimal
Tangkap layar Webinar melalui Zoom Meeting.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh gelar Webinar Nasional dengan tema “Tinjauan Kritis Pembangunan Jalan Tol Sumatera-Aceh melalui Implementasi Enviromental, Social, Governance (ESG)”. Acara ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting, Senin (5/8/2024).

Webinar ini diikuti oleh peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa, dosen dan industri dengan menghadirkan narasumber dari sejumlah praktisi yang bergabung dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Praktisi Mengajar, yaitu  Franky Simamora MEng MH dari Dinas PUPR Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dr Buhardiman dari Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara dan M Nasir MSi dari PT Cakrawala Tri Insantama.

Dalam Webinar tersebut para pemateri memberikan pandangan kritis terkait pembangunan Tol Sibanceh.

Dr Buhardiman memaparkan peluang pemanfaatan aspal buton yang tersedia di Sulawesi Tenggara dalam pembangunan jalan tol. 

"Penggunaan sumber daya alam lokal oleh pemerintah dapat menekan dana impor aspal dan meningkatkan ekonomi masyarakat dengan terbukanya banyak lapangan pekerjaan," terangnya.

Sementara Franky Simamora dalam materinya turut mengkaji penerapan konstruksi berkelanjutan Tol Sibanceh berdasarkan permen PUPR no 9 tahun 2021.

Selanjutnya M Nasir menyoroti pengelolaan lingkungan dalam proyek tol guna meminimalisir kerusakan alam, mempertahankan habitat yang ada dan mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

Ketua Jurusan Teknik Sipil, M Fauzan dalam sambutannya mengharapkan kegiatan kolaborasi bersama praktisi seperti ini dapat terus dilanjutkan setiap tahunnya dan mendorong seluruh mahasiswa agar terus aktif dan berkontribusi dalam kegiatan ilmiah.

"Kolaborasi dengan mitra pada Jurusan Teknik Sipil tidak akan berhenti pada program MBKM, di luar program begitu banyak hal yang memerlukan sinergitas kita dengan dunia industri dalam upaya pemutakhiran kurikulum, meningkatkan daya serap lulusan dan persiapan dunia kerja mahasiswa dimasa mendatang," ujarnya. 

Ia juga menyampaikan bahwa sebelum materi Webinar diberikan, pihaknya melangsungkan penandatangan perjanjian kerjasama dengan sejumlah mitra program MBKM.

"Pendatanganan ini dilakukan secara simbolis, kami telah mengirim draf perjanjian kerja sama kepada para mitra sebelum kegiatan ini berlangsung. Alhamdullah pendatanganan perjanjian kerjasama dilakukan secara serentak melalui Zoom," sebutnya.

Sementara itu, Koordinator Prodi Teknik Sipil, Nura Usrina menyampaikan dalam laporannya bahwa pelaksanaan program MBKM pada tahun 2024 terdapat empat program yang berlangsung selama satu semester.

Program-program itu adalah Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) pada PT. Multi Citra Graha, PT. Sumber Alfaria Trijaya, PT. Neosia Indonusa Center, Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) pada Universitas 17 Agustus 1945 Bayuwangi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Muhammadiyah Purwekerto, UPN Veteran Jawa Timur, Universitas Nusa Cendana, Universitas Ibnu Khaldun, dan Universitas Fajar.

Selanjutnya Program Praktisi Mengajar dari Pusat Data dan Informasi Kementerian Agraria dan Tata Ruang – Badan Pertanahan Nasional, Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara, Dinas PUPR Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dinas PUPR Provinsi Sumatera Utara UPTD PUPR Dolok Sanggul, Dinas Perhubungan Kabupaten Ponorogo, PT. Kamibe Bangun Musi, PT. Perta Arun Gas, PT. Putra Perkasa Abadi, PT. Lapi Ganeshatama Consulting, PT. Salam Pacific Indonesia Lines, PT Ahsana Property dan PT Cakrawala Tri Insantama.

"Webinar ini merupakan kolaborasi Prodi Teknik Sipil dengan mitra pada program MBKM," tutupnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar