Mahasiwa KKN Tematik 03 Unimal Lakukan Pemetaan Data Stunting di Desa Alue Dua

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiwa KKN Tematik 03 Unimal Lakukan Pemetaan Data Stunting di Desa Alue Dua. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Nisam Antara - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Malikussaleh yang tergabung dalam kelompok 03 mengunjungi Posyandu di Dusun Simpang Empat Sandi, Desa Alue Dua, Kecamatan Nisam Antara, Aceh Utara, Senin (11/10/2021). Kunjungan tersebut untuk pengambilan data pemetaan Stunting di desa setempat.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 03 adalah Muhammad Irvandi, Rizqan Fachroji, Devi Nowanda Larasati, Dara Yasri, Sri Rahayu dari Jurusan Teknik Elektro, Syarafina, Intan Abrar Rahman dari Prodi Psikologi. Mereka semua dibawah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Deassy Siska MSc.

Ketua kelompok 03 KKN Tematik, Rizqan Fachroji mengatakan, tema yang mereka usung pada kegiatan itu adalah “Peduli Stunting Untuk Membangun Generasi yang Sehat, Cerdas dan Berkualitas”. Dengan berjalannya kegiatan peduli stunting ini, diharapkan para mahasiswa dapat memberikan solusi berupa program untuk mengurangi jumlah data stunting tersebut. Sebab, berdasarkan data yang dirilis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2019, Indonesia masih berada di urutan 4 dunia dan urutan ke-2 di Asia Tenggara terkait kasus balita stunting. Dengan begini, permasalahan stunting masih menjadi kekhawatiran.

“Kunjungan ini dilakukan guna mengambil data pemetaan dan data Stunting pada setiap dusun di Desa Alue Dua. Dengan begini mahasiswa dapat menjalankan program sesuai dengan tema yang dibuat,” katanya.

Menurut Rizqan, berdasarkan hasil data yang didapat, terdapat 9 anak menderita stunting pada bulan 8 dan bulan 9. Pada bulan selanjutnya, belum terdapat data yang spesifik apakah ada penambahan anak yang terdampak stunting atau tidak.

“Sedangkan anak yang terdata terdampak stunting pada bulan yang sebelumnya, dinyatakan belum sembuh,” tutupnya.[tmi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar