Kerjasama Dengan Universitas Indonesia, Program Studi Akuntansi FEB Unimal Gelar Kuliah Daring

SHARE:  

Humas Unimal
Program Studi Akuntansi FEB Unimal Gelar Kuliah Daring. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Malikussaleh menggelar kuliah daring Teori Akuntansi Keuangan di laboratorium prodi setempat, Kampus Bukit Indah Lhokseumawe, Kamis (19/9/2019).

ketua Prodi  Akuntansi Dr Murhaban kepada Unimalnews mengatakan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut kerjasama antara FEB Universitas Indonesia dengan FEB Unimal mengenai sistem pembelajaran daring. Mata kuliah kelas daring tersebut mengenai teori akuntansi keuangan.

"Jumlah peserta yang mengikuti kelas daring ini sebanyak 30 Mahasiswa dari prodi akuntansi.  Dosen pengampu mata kuliah daring ini diampu oleh dua dosen dari UI dan Unimal. Dari UI diampu Oleh Dr. Sylvia Veronica NPS, Serta dosen pengampu dari Unimal yaitu Dr. Nazaina SE M.Si Ak CA,"sebutnya.

Menurutnya, sistem Kuliah berbasis internet (daring/online) tersebut bagi peserta dapat mengakses materi,berinteraksi dengan materi, pengajar dan pembelajar lain, untuk memperoleh dan memaknai pengetahuan, serta mengembangkan diri lewat pengalaman belajar.

Lanjutnya, kuliah Daring UI merupakan salah satu program perolehan kredit (credit earning), dimana peserta kuliah daring dapat mengambil satu atau beberapa mata kuliah secara daring dan dapat memperoleh sertifikat/transkrip bila telah memenuhi evaluasi hasil pembelajaran dan dinyatakan lulus mata kuliah daring yang bersangkutan.

"Aplikasi yang digunakan untuk mengakses kelas daring ini  yaitu Student Centered e-Learning Environment atau SCeLE merupakan Learning Management System (LMS) yang dimiliki dan digunakan oleh Universitas Indonesia. Aplikasi ini dibangun dari sebuah aplikasi berbasis open source bernama Moodle. Seperti LMS pada umumnya, SCeLE berfungsi sebagai perpanjangan bahkan pengganti lingkungan kelas nyata. Di dalamnya terdapat berbagai kegiatan belajar-mengajar seperti presentasi materi, diskusi, tanya-jawab, mengumpulkan tugas, mengerjakan kuis atau ujian, dan unggah maupun unduh materi," jelas Dr Murhaban.

Tambah Murhaban,"Saya sangat mendukung pelaksanaan kelas daring ini untuk memperkaya sistem pembelajaran di prodi akuntansi FEB Unimal tidak hanya tatap muka di kelas tetapi ada variasi dengan memanfaatkan teknologi internet dalam menghadapi persaingan revolusi industri 4.0,".[tmi | ryn]


Kirim Komentar