Mahasiswa KKN 142 Unimal Memberikan Nama Tanaman Pada Apotik HIdup Gampong

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 142 memberikan nama obat di kantor Keuchiek Lueng Daneun, Bireuen. Foto : Ist

UNIMALNEWS| Bireuen - Mahasiswa KKN-PPM Universitas Malikussaleh Kelompok 142 melakukan penamaan tanaman obat keluarga (Toga) di Gampong Lueng Daneun, Kecamatan peusangan Siblah Krueng, Kabupaten Bireuen, 15 November 2021.

Salah satu program yang dapat dilaksanakan dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga, khususnya di bidang pangan adalah program penanaman dan pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga). Tanaman hasil budidaya rumahan itu berkhasiat sebagai obat, penanaman Toga dapat ditanam di pot atau di lahan sekitar rumah. Jika lahan yang ditanami cukup luas maka sebagian hasil panen dapat dijual dan menambah pendapatan keluarga.                         

Pemerintah melalui Menteri Kesehatan telah menetapkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2016 tentang upaya pengembangan kesehatan melalui asuhan mandiri pemanfaatan tanaman obat keluarga dan ketrampilan budidaya dan pengolahannya. Asuhan mandiri kesehatan tradisional adalah upaya untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan ringan oleh individu.

Ketua kelompok KKN 142 M. alfisyahrin mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang aneka nama tumbuhan yang hidup di lingkungan sekitar  bisa dijadikan sebagai tanaman obat herbal. Tanaman obat yang ada di halaman kantor geuchik  diberi nama serta khasiatnya masing-masing.

Sebenarnya menanam tanaman obat keluarga sangat sederhana, yaitu dengan memanfaatkan tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai obat dalam kehidupan misalnya kunyit, serai, jahe, kunyit, lengkuas, pala, lada, sirih, betadin, lidah buaya, adam hawa, daun patah tulang, daun kelor, dan lain sebagainya, ujar Annisa salah satu mahasiswa yang tergabung dalam KKN 142 Unimal.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok 142 tersebut terdiri dari 10 orang dari prodi dengan dosen pembimbing lapangan (DPL)  Teuku Kemal Fasya, SAg., MHum.  [tkf]


Komentar

  • Avatar
    Mustika 21 November 2021
    Saya warga Desa Lueng Daneun tempat mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh kelompok 142. Saya mau konfirmasika bahwa tanaman obat keluarga ( TOGA ) yg ditanam dihalaman kantor keuchik sudah duluan ada jauh sebelum mahasiswa kkn tersebut masuk ke desa kami. Toga itu dibangun oleh TP PKK dan dinbantu para Pemuda dan kader2 kesehatan didesa pada akhir tahun 2020. Jadi mohon maaf diskripsi dari artikel ini tolong dikonfirmasikan kepada pengurus TOGA RIHON.

Kirim Komentar