Mahasiswa KKN Kelompok 20 Bantu Sukseskan Posyandu di Gampong Pucok Alue

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 20 Bantu Sukseskan Posyandu di Gampong Pucok Alue. Foto: ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN- PPM) kelompok 20 Universitas Malikussaleh ikut serta membantu kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Gampong Pucok Alue Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara, Jumat (24/6/2022).

Ketua kelompok KKN,  Wahyu Abadi Siregar mengatakan,  Posyandu adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan.  Di Gampong Pucok Alue pelaksanaan Posyandu dilaksanakan sebulan sekali, dengan jumlah balita dan anak-anak untuk saat ini berjumlah 50 orang.

“Kami ikut membantu kegiatan Posyandu. Pada setiap pelaksanaan Posyandu dilakukan penimbangan berat badan, tinggi badan, pengukuran tensi, imunisasi, pemberian makanan tambahan kepada anak-anak,” katanya.

Wahyu menyebutkan, kegiatan Posyandu diselenggarakan untuk kepentingan masyarakat yang memerlukan peran aktif masyarakat dalam bentuk partisipasi penimbangan balita setiap bulannya, sehingga dapat meningkatkan status gizi balita. Kegiatan ini membutuhkan partisipasi aktif ibu – ibu yang memiliki anak balita untuk membawanya ke Posyandu sehingga mereka dapat memantau tumbuh kembang balita melalui berat badannya setiap bulan.

“Adapun sasaran yang ingin dicapai dari pelayanan posyandu ini adalah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, imunisasi, gizi, dan penanggulangan diare kepada masyarakat setempat,” ungkapnya.

“Dengan diselenggarakannya Posyandu diharapkan masyarakat dapat termotivasi untuk menjaga kesehatan dan dapat secara rutin memeriksakan kesehatan di pusat pelayanan kesehatan yang telah disediakan, ataupun pada saat acara posyandu diselenggarakan. Agar masyarakat khususnya ibu dan anak tetap sehat dan terhindar dari stunting,” sebutnya lagi.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ferdy Saputra MH menyampaikan, peran Posyandu di tengah masyarakat sangatlah besar. Meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu dan manfaatnya tidak hanya sebatas itu. Program posyandu sejatinya juga diperuntukkan bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan pasangan usia subur.

“Setidaknya Adik-adik mahasiswa dari kelompok 20 sudah ikut berbuat secara nyata dalam kegiatan rutin desa. Jalan dua minggu KKN Sudah banyak kegiatan yang dilakukan. Insyallah Kedepan kita terus berkoordinasi dengan aparatur desa dan masyarakat untuk kembali melaksanakan kegiatan yang bermanfaat,” pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar