Dukung Lingkungan Bersih, Kelompok 27 Buat Tong Sampah

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN Kelompok 27 membuat tong sampah berbahan bambu di Desa Pulo Iboih Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhoksukon – Mahasiswa kuliah kerja nyata pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh dari Kelompok 27 memanfaatkan bambu menjadi media penampungan sampah untuk meunasah di Gampong Pulo Iboih, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara.

Gagasan untuk membuat tempat penampungan sampah muncul dari Kelompok 27 setelah melihat halaman meunasah Gampong Pulo Iboih yang penuh sampah. “Kami juga melihat tidak adanya media penampungan sampah membuat masyarakat sering membuang sampah sembarangan,” ungkap wakil ketua Kelompok 27, Rido Elvin Maidika, belum lama ini.

Menurutnya, pohon bambu mudah diperoleh di sekitar Pulo Inoih dengan mudah sehingga mereka manfaatkan untuk membuat tong sampah. “Sampah -sampah tersebut kebanyakan dari orang-orang yang kebetulan singgah dan istirahat di meunasah Pulo Iboih,” tambah Rido.

Pembuatan tempat penampungan sampah dilakukan untuk  mendukung gerakan hidup bersih di kalangan masyarakat. Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari warga setempat. “Selain membuat wadah penampung sampah, kami juga membersihkan halaman meunasah,” kata Rido lagi.

Mahasiswa mengharapkan kegiatan bersih lingkungan dan pembuatan wadah penampung sampah bisa menjadi budaya masyarakat untuk mewujudkan desa yang bersih dan sehat.

Dosen pembimbing lapangan Kelompok 27, Sullaida MM, mengharapkan tempat penampung sampah yang dibuat mahasiswa masih bermanfaat setelah program KKN berakhir. “Jadi ada sesuatu yang bermanfaat yang ditinggalkan mahasiswa,” kata dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut.

Selain Rido dari Program Studi Agroekoteknologi, mahasiswa yang terganung dalam Kelompok 27 yaitu Muhammad Haiqal Aulia (Teknik Elektro), Gilang Ramadhan (Teknik Mesin), Muhammad Ikbal (Ekonomi Syariah), dan Adli Muhammad Heryan Hafiz (Ilmu Komunikasi).

Kemudian, Wanda Asmaul Husna (Akuntansi), Mauliza Fitriani  (Ekonomi Syariah), Miftahul Jannah (Manajemen), Putri Fadillah (Administrasi Bisnis), Siti Ardila (Administrasi Publik), Suci Lestari (Ilmu Komunikasi), Cut Titien Mauliza (Kedokteran), Tengku Siti Chairissa (Agribisnis), Erliza Ariani (Sistem Informasi), Leni Hariani (Teknik Industri), dan Meiliyana Putri (Teknik Sipil). [ayi]


Berita Lainnya

Kirim Komentar