AKSI Unimal Laksanakan Diskusi Bahas Peran Alumni dalam Pemberdayaan Masyarakat

SHARE:  

Humas Unimal
Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra Asean Eng membuka kegiatan FGD peran alumni Unimal dalam pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian di Kecamatan Aceh Tengah dan Bener Meriah dalam perspektif gender, Takengon,Sabtu (20/8/2020). Foto;Ist

UNIMALNEWS | Takengon – Project Advanced Knowledge and Skills for Sustainable Growth (AKSI) Universitas Malikussaleh menggelar Focus Group Discussion (FGD) membahas tentang peranan alumni Unimal dalam pemberdayaan masyarakat dalam bidang pertanian di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah dilihat dari perspektif gender. Kegiatan diskusi tersebut dilaksanakan di Takengon pada Sabtu (22/8/2020).

Project AKSI merupakan kegiatan yang diluncurkan pada tahun 2019. Project ini digagas untuk meningkatkan kualitas empat perguruan tinggi di Indonesia, yaitu Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Jambi (UNJA), Universitas Riau (UNRI), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

FGD ini diikuti oleh alumni Unimal yang sudah bekerja pada sektor pertanian di Kabupaten  Aceh Tengah dan Bener Meriah. FGD ini menghadirkan narasumber Jullimursyida PhD (Ketua Tim Gender AKSI ADB), Ahmad Basuki SE (alumni FEB Unimal 2003 dan juga Direktur Melawi Kopi Takengon), Annisa Fauziah ST (alumni Arsitektur Unimal 2015 dan juga owner Melawi Kopi Takengon). Kegiatan yang dibuka langsung oleh Rektor Unimal ini juga dihadiri oleh Direktur Project Implementation Unit (PIU)-AKSI, Dr Ing Sofyan.

Dalam sambutannya, Rektor Unimal, Dr Herman Fithra Asean Eng mengatakan bahwa di Indonesia, wanita memiliki peran yang sama dengan pria dalam hal bertani. “Petani perempuan memiliki kontribusi nyata dan sangat penting bagi ketahanan pangan keluarga. Perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam upaya menyediakan makanan di tingkat rumah tangga,” jelas Rektor.

Deassy Siska Msc, Sekretaris PIU-AKSI Unimal yang  juga sebagai Sekretaris Tim Peneliti Gender dalam rilisnya kepada Unimalnews menyampaikan bahwa FGD ini bertujuan  untuk  untuk mengeksplorasi sejauh mana kurikulum universitas di fakultas pertanian mampu meningkatkan keterampilan lulusannya yang  memungkinkan mereka untuk mentransfer pengetahuan yang telah mereka terima di universitas ke komunitas mereka ketika mereka kembali ke desa untuk membantu keluarga petani.

Selanjutnya kegiatan ini juga bertujuan mengeksplorasi peran lulusan perempuan dalam kegiatan pertanian rumah tangga serta kontribusinya terhadap komunitas rumah tangga pertanian yang lebih besar menggunakan teknologi baru untuk meningkatkan produktivitas serta pendapatan rumah tangga.

FGD ini merupakan tindak lanjut dari penelitian yang telah dilaksanakan oleh tim peneliti gender Unimal. Tim tersebut terdiri dari Jullimursyida PhD sebagai Ketua Tim, Dr Rozanna Dewi sebagai Wakil Ketua, Deassy Siska MSc sebagai Sekretaris, dan para anggota yaitu Dr Mawardati, Dr Saifuddin, Dr Khalsiah, Nanda Amalia MH, dan Nurasih Shamadiyah MSc, pungkas Deassy. [ryn]

Baca  Juga; Tingkatkan Kapasitas, CoE Universitas Malikussaleh Konsultasi dengan Lembaga Konsultan ADB


Kirim Komentar