Himako Unimal Ikuti Seminar Nasional Temu Puisi Nusantara dan Budayawan Aceh di UTU

SHARE:  

Humas Unimal
Himako Unimal Ikuti Seminar Nasional Temu Puisi Nusantara dan Budayawan Aceh di UTU. Foto: Ist

UNIMALNEWS | Meulaboh - Mahasiswa Delegasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh mengikuti kegiatan Seminar Nasional Temu Puisi Nusantara dan Budayawan Aceh Bersama Sastrawan dari Malaysia Prof Dr Siti Zainon Binti Ismail, Kamis, (14/11) di Aula Universitas Teuku Umar, Meulaboh, Aceh Barat.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Muhammad Fildza kepada Unimalnews, Minggu (17/11) mengatakan kegiatan tersebut di hadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh Drs Rahmat Fitri HD MPA, serta perwakilan dari Pemerintahan Kabupaten Aceh Barat.

"Tujuan kegiatan ini untuk mengangkat kembali budaya-budaya Aceh dan Nusantara lewat sajak-sajak puisi yang kian hari menghilang pada pradaban sekarang ini,"tuturnya.

Menurutnya, Kegiatan tersebut mengusung tema "Mengangkat Khazanah Nilai - Nilai Budaya Aceh Dimata Dunia". Siti Zainon dalam pembentangan kertas kerjanya yang berjudul "Keindahan Budaya Warisan Melayu Nusantara" terlihat begitu akrab dengan Aceh lewat baitan puisi-puisi dengan lanskap Aceh sejak tahun 80-an, beliau kelihatan sangat faham dengan budaya Aceh dan oleh Prof Ali Hasyimi beliau pernah dinobatkan sebagai Teungku Fakinah. Sebuah penghargaan yang pernah diberikan Aceh kepada warga negara tetangga.

Sementara D Kemalawati dalam paparan makalahnya yang khusus membedah pemikiran yang dituangkan penyair melayu Situ Zainun dalam puisi-puisi bertemakan Aceh. Makalah yang berjudul "Rekontruksi Kearifan Lokal Aceh Dalam Puisi-puisi Siti Zainon Ismail’ ini mengupas tentang kekuatan narasi yang penuh filosofi yang terkandung dalam puisi yang ditulis Siti Zainon pada tahun 1986 silam.

"Selain Prof Siti Zainon Binti Ismail salah seorang Sastrawan Negara Malaysia, kegiatan itu juga dihadiri oleh D Kemalawati Sastrawan Nasional yang berasal dari Meulaboh,"kata Fildza. [tmi]


Kirim Komentar