UKM Meurah Silue Unimal Latih Tarian Ratoh Jaroe Pada Mahasiswa PMM 

SHARE:  

Humas Unimal
UKM Meurah Silue Unimal Latih Tarian Ratoh Jaroe Pada Mahasiswa PMM. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Bukit Indah - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni dan Budaya Meurah Silue Universitas Malikussaleh mengajarkan Tarian Ratoh Jaroe kepada Mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan III Inbound Universitas Malikussaleh di Aula Cut Mutia, Kampus Bukit Indah, Kota Lhokseumawe.

Tarian Ratoh Jaroe merupakan tarian tradisional Aceh. Berdasarkan rilis yang diterima Unimalnews, Senin (1/1/2024) tarian ini telah diajarkan selama dua bulan oleh anggota UKM.

PJ Ketua Umum UKM Meurah Silue, Annisa Arifatuwilma mengatakan bahwa latihan tari yang dilakukan oleh mahasiswa PMM ini bertujuan untuk penampilan tarian tradisional Aceh pada acara penutupan PMM mendatang.

"Sekitar 33 mahasiswa PMM berpartisipasi, termasuk dua orang pemusik (rapa'i) dan satu orang syekh. Latihan ini menjadi  wadah bagi mereka untuk mempelajari gerakan-gerakan yang khas dalam tarian Ratoh Jaroe," terangnya.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat menjadi langkah penting dalam melestarikan dan menyebarluaskan budaya Aceh kepada masyarakat luar. 

"Semoga penampilan mereka pada acara penutupan nanti menjadi kebanggaan bagi mereka dan apa yang sudah diajarkan oleh anggota kami dapat dikenang dan diingat," katanya,

Noor Laela Rakhmawati, salah satu mahasiswa PMM mengungkapkan rasa semangatnya dalam mengikuti kegiatan ini. Menurutnya latihan ini dapat memberikan pengalaman berharga sebagai upaya mempelajari budaya Aceh melalui tarian. 

"Latihan ini tidak hanya membantu mahasiswa PMM mengenal budaya Aceh, tetapi juga memperkaya kosakata mereka dalam bahasa Aceh," pungkasnya. [fzl]


Berita Lainnya

Kirim Komentar