Sabtu, Seleksi KN MIPA Universitas Malikussaleh Digelar

SHARE:  

Humas Unimal
Seleksi Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN MIPA) Universitas Malikussaleh.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Matematika dan IPA (MIPA) merupakan ilmu dasar yang penting dan perlu dikuasai oleh masyarakat. Sayangnya kualitas Pendidikan di Indonesia untuk tingkat dasar dan menengah pada bidang ini tergolong rendah, seperti dilaporkan oleh lembaga terkait yang melakukan studi atau penilaian, misalnya Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) atau Program for International Student Assessment (PISA). Sementara itu pada tingkat pendidikan tinggi, MIPA belum menjadi bidang favorit bagi masyarakat.

Salah satu upaya pemberdayaan mahasiswa dalam penguasaan MIPA dengan menyelenggarakan Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (KN MIPA-PT) dengan bidang Matematika, Kimia dan Fisika dan Biologi yang mulai dirintis pada tahun 2009. KN MIPA sendiri digunakan pada tahun 2020, dimana pada tahun sebelumnya kegiatan ini bernamakan Olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA)

Seperti tahun sebelumnya, pada 2020 ini KN MIPA ini sudah memasuki Seleksi Tahap I yang mana prosesnya dilakukan pada masing-masing perguruan tinggi. Menurut Ketua Program Kreativitas Mahasiswa Center (PKM Center) Universitas Malikussaleh, Dr M Sayuti, untuk seleksi di tingkat perguruan tinggi di Unimal akan dilaksanakan pada Sabtu (14/3/2020) yang bertempat di Jurusan Teknik Industri dan Teknik Elektro di kampus Bukit Indah, Lhokseumawe.

Pada seleksi ini nantinya akan dipilih sebanyak 6 orang terbaik pada masing-masing bidang untuk mengikuti seleksi pada tingkat wilayah, terang Sayuti.

Sementara itu Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Malikussaleh Dr Baidhawi kepada unimalnews mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya KN MIPA ini adalah untuk Memberikan masukan untuk perbaikan pembelajaran di perguruan tinggi, khususnya dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi serta mendorong peningkatan kualitas pembelajaran di bidang MIPA.[ryn]


Kirim Komentar