Universitas Malikussaleh Tandatangani Kerja Sama Dengan IAIN Langsa

SHARE:  

Humas Unimal
Rektor IAIN Langsa, Dr Basri dan Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra ASEAN Eng memegang nota kerjasama yang telah ditandatangani. Foto: Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Langsa - Setelah melakukan kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Pantai Utara, Barat, Selatan dan dataran tinggi Gayo bebeapa waktu lalu. Kini Universitas Malikussaleh jejaki wilayah timur Provinsi Aceh. Salah satunya menandatangani kerja sama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa, Jum'at (4/9/2020) sekitar pukul 10:00 WIB pagi tadi.

Memorandum of Understanding (MoU) tersebut ditandatangani oleh Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra ASEAN Eng dan Rektor IAIN Langsa Dr H Basri di Aula Barat Gedung Rektorat IAIN setempat.

Selain Universitas, sejumlah fakultas juga ikut menandatangani Memorandum of Agreement (MoA), diantaranya Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Langsa dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Malikussaleh, Fakultas Syariah IAIN Langsa dengan Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islami IAIN Langsa dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa dengan Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh, Prodi Magister Hukum Keluarga Islam dengan Prodi Magister Hukum Universitas Malikussaleh, dan Prodi Magister Hukum Ekonomi Islam IAIN Langsa dengan Prodi Magister Ilmu Manajemen Universitas Malikussaleh.

Dalam kesempatan itu, Rektor IAIN Langsa Dr H, Basri mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari Universitas Malikussaleh. Disamping bisa menjalin hubungan silaturrahim dalam mengembangkan tugas-tugas pemerintah di bidang pendidikan guna memajukan masa depan generasi Aceh.

"Dengan adanya penguatan kerjasama ini, maka nantinya mahasiswa Universitas Malikussaleh  bisa mengikuti proses pembelajaran di IAIN Langsa," katanya.

Harap Basri, Semoga kampus-kampus di Aceh dapat bersanding dan bersaing untuk melahirkan generasi emas yang akan mengisi ruang publik di masa yang akan datang.

"Kedatangan Universitas Malikussaleh hari ini sangat penting bagi kami, karena bisa sama-sama melaksanakan tugas pendidikan serta merespon persoalan masyarakat untuk kita sampaikan kepada pemerintah dan untuk berjuang ke depan sehingga bisa melaksanakan tridharma perguruan tinggi yang lebih efektif dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan," ungkapnya.

Sementara, Rektor Universitas Malikussaleh, Dr Herman Fithra ASEAN Eng mengatakan selain penandatanganan kerja sama, kedatangan civitas akademika unimal terutama ingin menjalin silaturahmi dan untuk bersinergi memajukan perguruan tinggi yang ada di Aceh.

"Universitas Malikussaleh saat ini memiliki tujuh fakultas dan 45 program studi, baik diploma, sarjana, profesi, dan magister. Jumlah mahasiswa yang aktif pada tahun lalu 19 ribu lebih," sebutnya.

Menurutnya, dengan adanya penandatanganan kerja sama tersebut, maka nantinya akan ada pertukaran mahasiswa antara Unimal dan IAIN Langsa. Hal itu dilakukan sebagai salah satu wujud untuk mendukung program kampus merdeka yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan.

"Selain pertukaran mahasiswa, nantinya juga dapat melakukan kolaborasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen di dua lembaga pendidikan ini," papar Rektor Unimal.

Herman berharap, dengan kerjasama tersebut, bisa meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi antar lembaga pendidikan di Aceh.

“Kita berharap agar dosen Unimal bisa mengajar di kampus IAIN Langsa dan dosen IAIN Langsa bisa mengajar di Unimal. Untuk kolaborasi penelitian kita lihat bagaimana agar riset-riset bisa dilakukan bersama,” tambahnya.

Dalam kegiatan penandatanganan kerja sama tersebut turut hadir dari Unimal diantaranya Pembantu Rektor Bidang Akademik  Jullimursyida PhD, Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Dr Mukhlis, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr Baidhawi, Pembantu Rektor Bidang Kerjasama Dr Azhari, Dekan Fakultas Hukum, Prof Jamaluddin, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr Hendra Raza, Dekan FISIP Dr M. Nazaruddin, Dekan Fakultas Pertanian, Dr Mawardati, Pembantu Dekan II Fakultas Teknik, Reza Putra MT, Kepala UPT Bimbingan Karir dan Kewirausahaan, Dr Sulaiman,  Kepala UPT Inovasi dan Inkubator Bisnis, Dr Rusydi Abubakar, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), Dr M. Daud,  Ketua Badan Jaminan Mutu, Dr M. Yusuf, Kabag Keuangan dan Kepegawaian, Zulfikar MT, Kabag Akademik dan Kemahasiswaan, Ir Asri MT, Bagian Perencanaan, Jakfar, Bagian Keuangan, Yasir Arafat, Staf UPT kehumasan dan Hubungan Eksternal, Bustami dan Protokoler Rektor, Masrizal.

Sementara dari IAIN Langsa juga hadir Kepala Biro AUAK, Wardija MAg, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Dr H. Muhammad Suhaili Sufyan, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Dr H Mohd Nasir, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr Zainuddin, dan sejumlah pejabat lainnya yang turut menyaksikan proses penandatanganan kerja sama tersebut.[tmi]


Kirim Komentar