Webinar Soft Skill Prodi Akuntansi Bahas Pentingnya Komunikasi dan Kritik

SHARE:  

Humas Unimal
Suasana pelaksanaan webinar soft skill yang dilaksanakan oleh Prodi Akuntansi Unimal beberapa waktu lalu. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Program Studi Akuntansi Universitas Malikussaleh melaksanakan webinar  untuk meningkatkan soft skill. Bukan saja ditujukan untuk mahasiswa Akuntansi Unimal, webinar yang mengangkat tema tentang “Public Speaking and Critical Thinking” ini boleh diikuti juga oleh mahasiswa prodi lain dan juga masyarakat umum.

Dalam rilis yang diterima oleh Unimalnews, Kamis (10/9/2020), kegiatan yang dipandu oleh Indrayani MSi ini dibuka oleh Ketua Prodi Akuntansi Unimal, Dr Murhaban serta menghadirkan dua orang narasumber yaitu, Muhammad Putra Aprullah MSi yang merupakan seorang praktisi komunikasi dan Indra Saputra MSi yang merupakan seorang  MC, entrepreneur, dan juga Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti.

Webinar tersebut dihadiri peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Peserta berasal dari berbagai latar belakang seperti siswa, guru, mahasiswa, dosen, alumni, hingga praktisi. Webinar yang diselenggarakan melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung di Channel Youtube dihadiri peserta sebanyak 400 orang.

Dr Murhaban dalam sambutannya mengatakan bahwa memiliki soft skill dalam hal  berkomunikasi sangat diperlukan oleh mahasiswa. “Memiliki kemampuan berkomunikasi menjadikan seseorang bisa berkomunikasi secara baik dengan banyak orang, bisa juga mempengaruhi orang lain, atau bisa juga digunakan untuk menyampaikan kritikan terhadap sesuatu secara baik,” ucapnya.

Public speaking dan critical thinking dipandang penting dalam memberikan solusi terhadap fenomena yang terjadi dalam masyarakat. Selain itu, menjadi pendengar yang baik dan siap menerima perubahan merupakan wujud sikap dalam berpikir kritis. Demikian hal tersebut disampaikan oleh Muhammad Putra Aprullah MSi. “Membaca merupakan hal penting bagi seorang pemikir kritis, karena tidak akan terbentuk pemikiran yang kritis jika tidak memiliki pengetahuan,” jelas Putra, yang sudah sangat berpengalaman dalam bidang public speaking, pelatih debat dan juga praktisi.

Indra Saputra MSi yang bertindak sebagai narasumber kedua dalam webinar tersebut  menyampaikan bahwa public speaking memiliki peranan penting dalam bidang akuntansi. Salah satunya public speaking membantu akuntan untuk berkomunikasi secara baik dengan benar terhadap klien. Indra menekankan bahwa attitude dan do’a merupakan hal penting dalam public speaking. “Kita boleh mengabaikan yang lain, namun attitude harus dijaga,” ujarnya.

Webinar tersebut juga diikuti oleh Mukmin Alamsyah Putra Matondang dan Alwi Fatya Izani, Finalis Nasional NUDC 2020 yang turut memberikan special performance di penghujung acara.[ryn]

 


Kirim Komentar