Hari Ini Seleksi Nasional NUDC Dimulai, Unimal Diwakili Alwi dan Mukmin

SHARE:  

Humas Unimal
Pembukaan seleksi nasional NUDC 2020. Foto; Ist

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Seleksi National University Debat Championship (NUDC) tingkat nasional resmi dibuka pada hari ini, Jum’at (25/9/2020). Sebanyak 112 tim yang berasal dari 15 wilayah di Indonesia  bertanding untuk menjadi yang terbaik.

Seluruh tim berjumlah 336 orang yang terdiri atas 224 mahasiswa debaters dan 112 orang N1 adjudicators. N1 Adjudikator merupakan  calon juri yang dikirim oleh tim, untuk diikutkan dalam akreditasi.

Unimal berhasil meloloskan satu timnya untuk bertanding di tahap ini, adalah Alwi Fatya Izani  dan Mukmin Alamsyah Putra yang menjadi wakil Unimal. Kedua mahasiswa tersebut berasal dari Fakultas Ekonomi. Sedangkan untuk N1, Unimal mengirimkan Adjudikator dr Muhammad Syahriza MHM dari Fakultas Kedokteran.

Menurut Syahriza, NUDC 2020 ini menggunakan format debat British Parliamentary, yaitu  mahasiswa dituntut tidak hanya mampu mengungkapkan ide dalam bahasa Inggris, tetapi juga menuntut mahasiswa mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis, membuat judgement, dan meyakinkan publik.  "Dalam debat tersebut mahasiswa dihadapkan pada persoalan-persoalan nyata yang dialami suatu masyarakat atau bangsa harus mampu, sehingga mahasiswa harus bisa berposisi dan meyakinkan publik bahwa posisi mereka benar dan tepat," ujarnya.

Pada tahun ini, seleksi nasional dilaksanakan secara daring. Para peserta akan mengikuti lima babak penyisihan, di mana terdapat 28 ruang dalam setiap babak penyisihan. Ruang tersebut dibagi dengan platform debat daring yang digunakan, masing-masing ruang akan mempertemukan  empat  tim. Core Adjudication Panels (CAP) akan menggunakan sistem tabby cat untuk mengatur pertemuan tim di babak penyisihan.

Selanjutnya, peserta akan memasuki babak eliminasi. Terdapat dua kategori babak eliminasi, yakni Open-Draw dan Novice. Di kategori Open-Draw 32 tim terbaik di babak penyisihan akan mengikut babak eliminasi Octofinals, Quaterfinals, Semifinals, dan Grand final. Di kategori Novice, tim mengikuti babak eliminasi Quarterfinals, Semifinals, dan Grandfinals.  "Tim Unimal mengikuti kategori open-draw dalam seleksi tingkat nasional ini," pungkas Syahriza.[ryn]


Kirim Komentar