Dosen Unimal Sosialisasi Pemanfaatan Energi Terbarukan untuk  Santri

SHARE:  

Humas Unimal
Tim Pengabdian Universitas Malikussaleh berfoto bersama usai sosialisasi pemanfaatan energi terbarukan untuk santri Yayasan Miftahul Jannah, Desa Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara Aceh Utara, Kamis (26/11/2020). Foto:Ist

UNIMALNEWS | Lhoksukon  – Dosen Universitas Malikussaleh melaksanakan sosialisasi pemanfaatan energi terbarukan untuk santri Yayasan Miftahul Jannah, Desa Tambon Tunong Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Kamis (26/11/2020). Kegiatan yang mengusung tema Penerapan Instalasi Panel Surya Off Grid Menuju Energi Mandiri bertujuan untuk menggali potensi generasi muda dalam mengembangkan dan memanfaatkan sumber energi baru.

Kegiatan yang dimotori oleh tim dosen Jurusan Teknik Elektro Unimal, Raihan Putri MEng, Selamat Meliala MT, Zuraida M.Ag, dan mahasiswa yang terdiri dari Irfandi Anwar dan Irvan Fatur Rahman menyosialisasikan penerapan instalasi panel surya kepada santri Yayasan Pendidikan Islam Miftahul Jannah.

Ketua tim, Raihan Putri, mengatakan pemanfaatan energi terbarukan saat ini gencar dilakukan seiring bertambahnya kebutuhan energi listrik di Indonesia. Salah satu sumber potensial yang dapat dimanfaatkan adalah tenaga surya atau matahari. “Kondisi Indonesia yang beriklim  tropis sangat cocok untuk menerapkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) ini,” tegasnya.

Menurutnya, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan kepedulian serta peran dosen dan mahasiswa Universitas Malikussaleh dalam mengembangkan ilmu dan kepekaan sosial melalui  kegiatan yang dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat.  “Kegiatan ini merupakan sosialisasi penerapan sumber energi terbarukan. Kita harapkan ke depan, Yayasan Miftahul Jannah bisa memanfaatkannya sebagai alternatif sumber energi dalam membantu proses kegiatan belajar mengajar,”tambahnya. 

Sementara itu, Selamat Meliala menjelaskan bahwa sistem PLTS Off-Grid menjadi suatu sistem yang tepat untuk diterapkan pada yayasan tersebut karena mampu meminimalisirkan ketergantungan sumber energi listrik dari PLN atau konvensional. Penerapan sistem Off-Grid menjadi suatu sumber energi mandiri yang bisa manfaatkan langsung oleh yayasan.

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan santri dan pihak yayasan tentang instalasi panel surya, sehingga nantinya memberi manfaat bagi masyarakat yang ada di yayasan tersebut. Penerapan panel surya di yayasan diharapkan dapat mengurangi biaya listrik bulanan jangka panjang, mengurangi ketergantungan pada listrik PLN, dan menghindari gangguan apabila terjadi pemadaman dari PLN karena dapat langsung dioperasikan sistem panel surya sehingga proses belajar mengajar tetap berjalan.

“Respons   dari  Yayasan Miftahul Jannah sangat baik, bahkan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Semoga dengan adanya kegiatan ini menjadi awal dari kesadaran masyarakat Aceh khususnya yang berdekatan dengan kampus Unimal untuk menerapkan energi mandiri yang terbarukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat serta membantu mengurangi pemanasan global karena sistem PLTS efisien digunakan dan ramah lingkungan,”pungkas Selamat. [ded]


Kirim Komentar