Mahasiswa FK Unimal Gelar Talkshow Anti Narkoba

SHARE:  

Humas Unimal
Workshop

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh bekerja sama dengan Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMK) menggelar talkshow tentang NAPZA di tengah pandemi. Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom itu mengambil tema “Say No to Drugs to Take Care of Your Mental and Physical Health”.

Kegiatan itu merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Regional Community Empowerment Project (Recomep) atau dikenal juga dengan bakti sosial nahasiswa. Recomep 2020 ini dihadiri oleh 152 mahasiswa Fakultas Kedokteran se-Sumatera.

Kepala Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat FK Unimal, dr Muhammad Syahriza MIPH, dalam rilisnya kepada Unimalnews menyebutkan bahwa tema talkshow yang dilaksanakan, dilatarbelakangi oleh semakin meningkatnya angka pengguna napza di masa pandemi ini.

Talkhshow ini menghadirkan dua orang narasumber, yaitu Sayuti MKes (Kepala Bidang Rehabilitasi BNN Provinsi Aceh) dan Dr Mustafa Amin SpKJ (Departeman Psikiatri Fakultas Kedokteran USU).

Sayuti dalam paparannya menyebutkan bahwa di masa pandemi ini para pengguna napza meningkat. Hal ini disebabkan pengedar dan pemakai mengira pengawasan terhadap pengguna obat terlarang tidak terlalu ketat karena pihak-pihak yang berwenang sedang disibukkan oleh kasus Covid-19 yang makin hari makin bertambah.

Sedangkan dari sisi dunia kedokteran, Mustafa menyampaikan bahwa sudah banyak yang menyalahgunakan obat terlarang ini. “Penggunaan napza diawali oleh coba-coba yang pada akhirnya akan mengakibatkan kerusakan pada mental penggunanya” ujarnya.

Di akhir kegiatan, kedua narasumber mengingatkan kembali kepada para peserta yang merupakan mahasiswa kedokteran untuk dapat membantu, merangkul, dan mengawasi orang yang mungkin saja mempunyai niat untuk berani coba-coba menggunakan napza, utama pada lingkungan keluarga sendiri.[ryn]                                                                                                  


Kirim Komentar