Prodi Psikologi Unimal Gelar Psikotes Kepada Mahasiswa Baru

SHARE:  

Humas Unimal
Prodi Psikologi Unimal Gelar Psikotes Kepada Mahasiswa Baru. Foto: ist

UNIMALNEWS | Reuleut - Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh mengadakan kegiatan psikotes pada seluruh mahasiswa angkatan 2021 yang berjumlah 197 orang selama dua hari, Senin-Selasa (18-19/10/2020) di ruang belajar Prodi Psikologi, Kampus Reuleut, Aceh Utara.

Penanggung jawab kegiatan, Dwi Iramadhani Mpsi mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program studi psikologi yang bertujuan untuk mengetahui pemetaan psikologis pada mahasiswa. Dwi juga dibantu oleh rekannya, Rini Julistia Mpsi Psikolog, alumni Prodi Psikologi, Dina Ratna Sari dan Cut Mutia Zuhra serta mahasiswi prodi psikologi yakni Tri Widia Ningsih, Mutia Utari, Jihan Asfani Lubis, dan Desi Alfa Tritanti Berutu.

“Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya  mengetahui kondisi psikologis mahasiswa. Karena pandemic, sehingga membuat perubahan karakteristik dari generasi ke generasi,” katanya

Menurut Dwi Iramadhani, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya membantu dosen pembimbing akademik, pembimbing skripsi dan pengampu mata kuliah mengetahui kondisi mahasiswa dan dapat melakukan tindakan penanganan yang bersifat preventif dan kuratif jika didapati permasalahan baik akademik maupun psikologis pada mahasiswa.

“Karena beberapa tahun belakangan dalam melakukan pelayanan pada unit konsultasi psikologis beberapa kali dosen mendapati mahasiswa mengalami permasalahan psikologis dan perlu mendapatkan penanganan lebih lanjut. Psikotes adalah langkah awal untuk mengetahui gambaran karakteristik mahasiswa (dalam hal intelegensi dan kepribadian) sehingga dapat membantu pemecahan masalahnya,” ungkapnya.

Kaprodi Psikologi, Ella Suzanna MHSc mengungkapkan, kegiatan ini sebaiknya dilakukan setiap tahunnya untuk mahasiswa baru agar para dosen dapat mengetahui pemetaan psikologis para mahasiswa dan kedepannya dosen lebih mampu memahami karakteristik mahasiswa supaya terciptanya proses belajar mengajar yang jauh lebih baik.

“Saya harapkan agar kegiatan psikotes ini bisa dilakukan secara menyeluruh di setiap prodi yang ada di Universitas Malikussaleh,” tutupnya.

Kegiatan tersebut dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.[tmi]


Kirim Komentar