Kunjungan Industri ; Teknik Informatika Unimal Datangi PT Inalum

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Malikussaleh sedang mendengarkan arahan dari tutor dalam kunjungan industri di PT Inalum Batu Bara Sumatera Utara, Kamis (12/9)

UNIMALNEWS | Batu Bara – Program studi Teknik Informatika memilih PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) sebagai tujuan kunjungan industri bagi mahasiswanya. Kunjungan ini dilaksanakan Kamis (12/9).

PT Inalum terletak di desa Kuala Tanjung Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara. Inalum merupakan perusahaan peluburan aluminium pertama dan terbesar di Asia Tenggara.

Dilihat dari catatan Perusahaan, PT Inalum didirikan pada tanggal 6 Januari 1976 oleh PMA (penanam modal asing) yang berasal dari Jepang dan sejak 2013 Inalum berubah menjadi BUMN yang dipegang penuh oleh Pemerintah.

Kedatangan mahasiswa dari Universitas Malikussaleh disambut oleh Bapak Parinda Kusrianto dari Divisi Process and Modelling Engineering.

Menurut Parinda, Inalum memiliki 3 (tiga) produk utama yaitu, aluminium Ingot, aluminium Alloy dan aluminium Billet. Dalam peleburan aluminium, Inalum menggunakan teknik elektrolisis untuk mengubah alimina menjadi aluminium yang mana teknik tersebut memerlukan energi listrik yang sangat besar. Karena itulah Inalum membangun serta mengoperasikan pembangkit listrik sendiri berupa Pembangkit Listrik Tenaga Air  (PLTA) yaitu PLTA Siguragura, Siruar dan Tangga yang lerletak di Paritohan Kabupaten Toba Samosir.

Parinda berharap, mahasiswa yang melakukan kunjungan indsutri bisa memperoleh ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat yang bisa diterapkan di kampus nantinya.

Sementara itu, Sekretaris Program Studi Teknik Informatika Unimal, Muhammad Fikry M.Kom mengatakan bahwa kunjungan ke PT. Inalum bertujuan untuk membuka wawasan mahasiswa dalam dunia kerja.

Kita berharap kunjungan ini dapat memperkuat semangat belajar mahasiswa Teknik Informatika serta bisa mendapatkan pengetahuan mengenai bidang kosentrasi yang akan didalami oleh mahasiswa sehingga dapat siap menghadapi dunia kerja. Kemajuan teknologi pada saat ini sangat cepat berkembang, mahasiswa harus cermat dalam melihat kemajuan agar dapat menyeimbangkan kemampuannya, terang Fikry.[ryn]


Kirim Komentar