Kerjasama FT Unimal dan Unila Melahirkan Beberapa Capaian

SHARE:  

Humas Unimal
Dekan Fakultas Teknik disaksikan oleh Rektor Universitas Malikussaleh bertukar cinderamata dengan Rektor Universitas Lampung setelah penandatanganan MoA, Senin (21/10/2019). FOTO ; IST

UNIMALNEWS | Bandar Lampung - Sebagai bagian dari muhibah rombongan Universitas Malikussaleh ke Universitas Lampung (Unila), juga dilaksanakan penjajakan kerjasama Memorandum of Agreement (MoA) antara dua institusi. Penandatanganan kerjasama itu dilakukan pada Senin (21/10).

Pada kesempatan itu Dekan Fakultas Teknik Unila, Prof Dr Suharno Asean Eng mengatakan sangat menyambut baik hubungan kerjasama ini. Ia berharap MoA yang sudah dirumuskan itu tidak hanya terbatas selembar kertas, tetapi realisasi dan implementasi yang terus berkesinambungan yang dapat saling menguntungkan kedua pihak, seperti program pertukaran mahasiswa untuk perkuliahan selama satu semester, pertukaran dosen dan saling mengisi pada setiap seminar seperti perkuliahan umum, workshop dan sebagainya. Untuk tahapan awal kerjasama akan memperdalam bidang pemetaan.

Penandatanganan MoA dilaksanakan antara Dekan Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Dr Muhammad  dengan Dekan Fakultas Teknik Universitas Lampung Prof Dr Suharno. Sebelum menandatangani MoA, Muhammad menyampaikan tindak lanjut hubungan kerjasama adalah dengan mendatangkan narasumber dari Unila untuk mengembangkan kapasitas dosen-dosen di Unimal khususnya Fakultas Teknik dalam bidang pemetaan berbasis GIS.

Program pemetaan ini sangat dibutuhkan dosen dan peneliti dalam berbagai sektor, seperti: penataan ruang pada bidang Arsitektur dan Teknik Sipil. Termasuk pemetaan yang akan dilakukukan adalah penataan jaringan listrik perkotaan dan desa di Prodi Teknik Elektro, Prodi Teknik Informatika dan Prodi Sistem Informasi. Tahapan awal dari penandatanganan MoA antara Fakultas Teknik Unimal dan Unila adalah memperdalam bidang pemetaan.

Tahapan selanjutnya adalah akan dilanjutkan dengan kolaborasi riset. Unila memiliki Center of Excellence dalam bidang Cassava, yang sangat menarik untuk dikembangkan antara dua kampus berjarak 2000 km di Sumatera ini. [tkf]


Kirim Komentar