Rektor Unimal Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Dayah Al-Huda Malikussaleh

SHARE:  

Humas Unimal
Rektor Universitas Malikussaleh Dr Herman Fithra bersama Direktur Utama PT Vinca Rosea Lhokseumawe Azhari menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar di Komplek Dayah Al-Huda Malikussaleh Gampong Reuleut, kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Kamis(09/01).Foto: Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Rektor Universitas Malikussaleh Dr Herman Fithra bersama Direktur Utama PT Vinca Rosea Lhokseumawe Azhari menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad Saw yang digelar di Komplek Dayah Al-Huda Malikussaleh Gampong Reuleut, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Kamis (9/1).

Pantauan unimalnews kehadiran Rektor Unimal itu disambut oleh pimpinan Dayah Abon Yahya Rasyiman, ketua panitia Tgk Azhari M Yunus, Santri serta perangkat Gampong yang sudah awal hadir di acara tersebut.

Sebelum makan bersama, Direktur Utama PT Vinca Rosea Azhari yang juga Ketua Alumni Fakultas Teknik Unimal menyantuni puluhan anak yatim yang ada di gampong tersebut.

Rektor Unimal Dr Herman Fithra mengatakan Dayah Al-Huda Malikussaleh adalah bagian dari Unimal, apalagi namanya mengambil nama besar Raja Kerajaan Samudera Pasai, yang dilandasi pada semangat estafet kepemimpinan dan pembangunan yang telah diletakkannya melalui sifat kepeloporan, kedinamisan, serta patriotismenya Sultan Malikussaleh.

"Dayah Al-Huda Malikussaleh harus kita pelihara, apalagi keberadaannya berdampingan dengan Unimal dan namanya juga Malikussaleh,"kata Rektor.

Lanjutnya, salah satu bukti tanda cinta terhadap Rasul ialah dengan senantiasa mengingatnya. Kemudian, membiasakan diri untuk selalu bersalawat.

“Kenali Nabi Muhammad lebih jauh dengan mempelajari sirah dan kisahkan kepada anak-anak kita. Sehingga, anak kita punya sosok yang tepat untuk diidolakan,” jelasnya.

Rektor Herman juga mengapresiasi pelaksanaan peringatan Maulid Nabi yang juga dirangkai dengan pemberian santunan kepada anak yatim piatu dan makan bersama. Hal ini tentu mempererat jalinan silaturahim khususnya sesama masyarakat antar desa dan juga kampus Unimal.

"Kita sebagai generasi penerus wajib mengenal nabi kita. Kenduri Maulid juga bertujuan untuk mengenang beliau, mengingat jasa-jasa perjuangan dan tauladannya untuk terus bisa disampaikan kepada ummat seiring dengan kemajuan teknologi saat sekarang,"pungkas rektor.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama PT Vinca Rosea Lhokseumawe Azhari menyebutkan setiap ada undangan di acara memperingati hari kelahairan (Maulid) Nabi Muhammad Saw akan selalu dihadirinya.

"Jika ada undangan dan tidak ada halangan apa-apa Insya Allah tetap kita hadiri, baik itu di Kota Lhokseumawe maupun Aceh Utara,"tuturnya.

Lanjutnya, menyantuni anak yatim adalah sebagai wujud kepedulian bagi sesama, sekaligus bentuk rasa cinta terhadap Nabi Muhammad. Karena Rasulullah sendiri terkenal sangat dekat dan mencintai anak yatim piatu.

"Kita sebagai umat sudah sepantasnya ikut meneladani sifat dan sikap Rasul,"papar dia.

Acara tersebut juga menghadirkan Ulama kharismatik Aceh Tgk Muhammad Yusuf atau lebih dikenal dengan Tu Sop asal Jeunib Kabupaten Bireuen.[tmi]


Kirim Komentar