Unimal Lepas 120 Mahasiswa Magang di 26 Perusahaan BUMN

SHARE:  

Humas Unimal
Pelepasan 120 mahasiswa Unimal yang akan Magang di 26 perusahaan BUMN Batch 1 Tahun 2020 di Aula Meurah Silue Kampus Lancang Garam, Lhokseumawe, Kamis (23/1).Foto: Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Universitas Malikussaleh melakukan pelepasan Peserta Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMMB) BUMN Batch 1 Tahun 2020 di Aula Meurah Silue Kampus Lancang Garam, Lhokseumawe, Kamis (23/1).

Baca juga: 26 Perusahaan BUMN ini Siap Tampung Mahasiswa Unimal Magang

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bimbingan Karier dan Kewirausahaan Unimal, Dr Sulaiman dalam laporannya mengatakan ada 120 mahasiswa yang turun magang di 26 perusahaan BUMN di antaranya PT.Asuransi Kredit Indonesia , PT.Bank Rakyat Indonesia, PT.Bank Negara Indonesia, PT.Pertamina, PT.Perusahaan Gas Negara, PT.Hutama Karya, PT.Semen Padang, PT.Adhi Karya, PT.Pelabuhan Indonesia II, PT. Indonesia Asahan Aluminium, Perum LPPNPI/AirNav, PT. Jakarta Industrial Estate Pulo Gadung, PT. Perkebunan Nusantara, PT.Bukit Asam, PT.Amarta Karya, PT.Jasa Marga, PT.Semen Baturaja, PT.Kawasan Berikat Nusantara, PT.Perikanan Nusantara, PT.Nindya Karya, PT.Surveyor Indonesia, PT.Pupuk Sriwijaya Palembang, PT.Pos Indonesia, PT.Industri Kereta Api, Perum Lembaga Kantor Berita Antara, PT.Pupuk Iskandar Muda.

"Mahasiswa yang paling banyak dari Fakultas Teknik yaitu 50 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 32 orang, Fakultas Hukum 19 orang, Fakultas Pertanian ada empat orang, Fakultas Kedokteran 10 orang. Untuk Fakultas Pertanian mungkin nanti ada tambahan 10 orang lagi yang ditempatkan di PT Perkebunan Nusantara Kota Langsa," kata Sulaiman.

Menurutnya, magang pada Batch pertama Tahun 2020 terlaksana berkat kerjasama dengan Badan eksekutif mahasiswa ( BEM) dan dukungan dari para dekan, sehingga magang pada priode ini sesuai dengan harapan Unimal.

"Mahasiswa Magang yang sudah berangkat dari Fakultas Hukum, sedangkan yang berikutnya di minggu terkhir Januari dan Februari,"ungkapnya.

Sementara Pembantu Rektor Bidang Kerjasama Dr Nazaruddin mengatakan PMMB merupakan suatu program yang menempatkan mahasiswa untuk mencari kesesuaian antara apa yang dipelajari di perguruan tinggi dengan kebutuhan dunia industri.

"Kesempatan ini harus di manfaatkan secara maksimal, yang pertama marilah kita disana nanti menimba dan mengambil ilmu secara mendalam dan luas sehingga apa yang dipelajari nanti ilmunya bertambah. Kemudian, apa yang sudah kita dapatkan di bangku kuliah itu sudah bisa ditransformasikan di tempat kalian magang," pesan Dr Nazaruddin.

Selanjutnya, yang terpenting dari kegiatan tersebut adalah menjaga diri dan juga nama baik lembaga dan mengedepankan adab serta disiplin.

"Cara menjaga nama baik itu standar normalnya disiplin, dan adab. Magang itu juga sebagai suatu tuntutan ilmu supaya ada titik temu antara apa yang di pelajari di kampus dengan kebutuhan dunia Industri," tambah Dr Nazaruddin.

Pelepasan itu turut dihadiri oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik Jullimursyida PhD, Pembantu Rektor Bidang Kerjasama Dr Nazaruddin, Dekan Fakultas Pertanian Dr. Ir. Mawardati, Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Subhani MSi, Dekan Fakultas Teknik Dr Muhammad, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Dr. Hendra Raza, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Dr Azhari, dan Direktur Eksekutif PIU Dr. Ing. Sofyan.[tmi]


Kirim Komentar