Begini Cara Pengisian Nomor KIP-Kuliah di Akun LTMPT

SHARE:  

Humas Unimal
Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Siswa yang sudah memiliki akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah bisa mengisi nomor pendaftaran KIP Kuliah untuk mendapatkan beasiswa dari pemerintah bagi yang memenuhi syarat.

Berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan LTMPT, pengisian data nomor pendaftaran KIP Kuliah dilakukan di portal LTMPT]. Pendaftaran ini dilakukan bagi siswa yang sudah memiliki nomor pendaftaran KIP Kuliah yang dilakukan secara mandiri pada laman http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

“Jadi, kalau belum memiliki nomor pendaftaran, harus mendaftar dulu secara mandiri,” ungkap Kepala Bagian Akademik Universitas Malikussaleh, Asri MT, Senin (9/3/2020). Namun, ia menyarankan, pendaftaran KIP Kuliah ini hanya dilakukan bagi siswa tak mampu sesuai persyaratan yang berlaku.

Syarat lainnya untuk bisa mengisi nomor pendaftaran KIP Kuliah adalah siswa yang sudah memiliki akun di LTMPT atau siswa yang sudah mendaftar atau sudah mendaftar di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan masih menunggu kepemilikan  nomor pendaftaran KIP Kuliah.

Setelah login ke laman LTMPT sebagaimana disebut di atas, siswa dapat memilih menu “Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah” dan kemudian mengisi nomor pendaftaran yang sudah dimiliki.

Dalam surat edaran LTMPT tersebut dijelaskan, siswa yang sudah melakukan finalisasi pendaftaran SNMPTN sampai cetak kartu, tidak perlu melakukan pendaftaran SNMPTN lagi karena proses sinkronisasi pendaftaran KIP Kuliah dan pendaftar SNMPTN di LTMPT akan dilakukan secara otomatis.

Sedangkan bagi siswa yang sudah melakukan pendaftaran dan sudah memilih program studi tetapi belum finalisasi, diharuskan melakukan finalisasi dan mencetak kartu tanda peserta SNMPTN 2020 secara mandiri pada 2 – 31 Maret 2020.

Siswa yang sudah memiliki nomor pendaftaran KIP Kuliah tidak dipungut biaya pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan bebas pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) Negeri 2020. [ayi]

Baca juga: Ini Dia Sistem dan Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru 2020 

 

     


Komentar

  • Avatar
    Mo nanya kak, Kak klau dlam pengisian no. Pendftran kip kuliah di akun ltmpt ni tdk bsa, akan mncul " saat ini bukan masa pengisian nomor pendftran kip kuliah" Sya tdk tau kendalanya di apa? Mohon bantuannya kk????
  • Avatar
    Nurjami'ah 24 Juni 2020
    Assalamualaikum Saya udh daftar KIP kuliah tpi sya tdk punya akun Ltmpt apkah sy bisa mendapat beasiswa
  • Avatar
    mengapa untuk siswa tahun kelululusan tahun 2019-2020 tidak dapat mengisi NO KIP/NO KKS ?
  • Avatar
    Anggi nur aini lubis 03 Juni 2020
    Kak tolong dong,no pendaftaran kip kuliah saya tidak di temukan,ketika di cek di karenakan kabupaten/kotanya tidak sama padahal sudah berkali2 diganti. Dan padahal dari awal saya buat kab.deli serdang namun yang tertulis di formulir kota medan. Padahal di biodata nya tetap kab.deli serdang. Tolong bantu kk buat nyelesaikan pndftran utbk-sbmptn saya.
  • Avatar
    Tesya Sinaga 21 April 2020
    Apakah akun kip kuliah bisa digunakan untuk mendaftar sbmptn?
  • Avatar
    Ilham 11 April 2020
    Saya lupa no KIP kuliah .tolong carikan
  • Avatar
    Fatimatus zahro 31 Maret 2020
    Saya tidak bisa memasukkan no pendaftaran KIP kuliah pada laman LTMPT Kendala nama tidak sama pada LTMPT
  • Avatar
    Sunna 29 Maret 2020
    Mau nanyak klo dalam pengisian ltmptn yg sudah selesai sampai cetak kartu Tapai sebelmnya belem di isi perguruan dan prodi kerna sewaktu pengisian tidak bisa di lakukan pengisian trus langsung masuk cetak kartu gtu aja.... Mohon saran
  • Avatar
    Siti Fatimah 18 Maret 2020
    Kak nomer pendaftaran kip kuliah itu ada 19 digit atau 23 ?

Kirim Komentar