8 Hari Laksanakan UTBK-SBMPTN Universitas Malikussaleh Libatkan 176 Orang Pengawas

SHARE:  

Humas Unimal
Suasana pelaksanaan TBK-SBMPTN tahun 2021 di Universitas Malikussaleh. Foto; Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Bukit Indah – Berakhir sudah pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) di Universitas Malikussaleh pada Senin (26/4/2021). Secara nasional pelaksanaan UTBK masih akan berlangsung hingga Minggu (2/5/2021). 

UTBK sendiri dalam jadwal yang dilansir oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dilaksanakan dua gelombang. Gelombang pertama tanggal 12-18 April, dan gelombang kedua tanggal  26 April-2 Mei 2021. 

Pada gelombang kedua ini Unimal hanya menyelenggarakan ujian selama satu hari, dengan menggunakan 27 ruang, 14 ruang pada sesi pagi dan 13 ruang pada sesi siang. “Tahun 2021 ini kita mengalami kenaikan jumlah peserta yang  memilih melaksanakan ujian di Unimal, sehingga pada gelombang kedua masih ada pelaksanaan ujian yang kita laksanakan,” ujar Kortik Unimal, Rizal MIT.

Selama delapan hari pelaksanaan UTBK itu, Unimal melibatkan 176 orang pengawas yang berasal dari dosen dan tenaga kependidikan (tendik). “Nama-nama pengawas yang terlibat berasal dari masing-masing fakultas dan juga dari unit kerja yang terkait dengan pelaksanaan UTBK,” ucap Teuku Kemal Fasya MHum, Koordinator Pelaksana (Korpel) Unimal.

Para pengawas bertugas untuk mengawasi jalannya ujian dan mengirimkan Berita Acara Pelaksanaan Ujian (BAPU) secara online yang berasal dari komputer pengawas.  “Setiap ruang diawasi oleh satu orang pengawas yang dibantu oleh satu orang tenaga IT ruang. Pengawas selalu berganti dalam setiap sesinya, namun IT ruang bertugas khusus untuk satu ruang selama ujian dilaksanakan,” lanjutnya.

Para pengawas dan IT ruang melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga pelaksanaan UTBK-SBMPTN di Unimal bisa berjalan dengan baik. “Memang ada beberapa kendala yang terjadi seperti listrik mati atau koneksi tidak stabil, namun itu semua dapat diatasi dengan cepat sehingga peserta bisa melaksanakan ujian secara tepat waktu,” pungkas Kemal.[ryn]


Kirim Komentar