Rektor Lepas Jamaah Haji Universitas Malikussaleh Tahun 2022

SHARE:  

Humas Unimal
Rektor meberikan selamat kepada sivitas akademika Universitas Malikussaleh yang akan berangkat menunaikan ibadah haji tahun 2022, Jum'at (10/6/2022). Foto; Bustami Ibrahim

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Rektor Universitas Malikussaleh, Prof Dr Herman Fithra Asean Eng melepas enam orang sivitas akademika Unimal yang akan menunaikan ibadah haji pada tahun 2022. Pelepasan itu dilaksanakan pada Jum’at (10/6/2022) di aula Cut Meutia Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe.

Enam orang yang akan menunaikan ibadah haji itu  adalah Dr Muammar Khaddafi beserta istri dan Falahuddin MSM beserta istri dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dua orang lainnya yakni Dr Ibrahim Chalid dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Sayed Fachrurrazi Mkom dari Fakultas Teknik.

Dari enam orang tersebut, yang terlebih dahulu berangkat adalah Sayed Fachrurrazi yaitu pada 14 Juni 2022, sedangkan yang lainnya akan berangkat tanggal 17 Juni 2022.

Tampak hadir dalam kegiatan itu adalah Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Ketua SPI Unimal, Dekan Fakultas Pertanian, Dekan Fakultas FISIP, para wakil dekan, ketua jurusan, kaprodi dan anggota senat Universitas Malikussaleh.

Dalam sambutannya, Prof Herman bercerita tentang pengalamannya ketika menunaikan ibadah haji beberapa tahun silam. “Harus selalu menjaga kesehatan, karena sangat berbeda kondisi cuaca di sana dengan tempat tinggal kita,” ujarnya.

Rektor juga menyebutkan bahwa selama menunaikan ibadah haji, semua kegiatan tridarma perguruan tinggi akan dilimpahkan kepada dosen lainnya. “Jangan sampai di sana nanti masih  berpikir bimbingan mahasiswa, seminar, penelitian, dan lainnya," terangnya.

Sementara itu, Imam Besar Masjid Sultan Malikussaleh yang juga Kepala Pusat Kajian Islam dan Adat Aceh, Tgk Zarkasyi MHI yang didaulat untuk menyampaikan ceramah haji mengatakan kepada yang akan berangkat bahwa  menunaikan ibadah haji harus mengikhlaskan diri dalam melaksanakan ibadah tersebut. “Niatkan untuk mencari keberkahan, jangan ada sombong dalam diri mentang-mentang bisa berhaji, dan perbanyak bertaubat selama melaksanakan ibadah haji,” jelasnya.

Kegiatan pelepasan itu ditutup dengan peusijuk kepada para jemaah haji yang akan berangkat dan saling bermaafan dengan semua yang hadir dalam kegiatan itu. [ryn]


Kirim Komentar