Mahasiswa KKN 91 Beri Pendampingan Belajar Untuk Siswa SD Negeri 12 Samudera

SHARE:  

Humas Unimal
Mahasiswa KKN 91 Beri Pendampingan Belajar Untuk Siswa SD Negeri 12 Samudera

UNIMALNEWS | Lhoksukon - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh kelompok 91 beri pendampingan belajar bagi siswa Sekolah Dasar (SD) melalui program kerja KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di Gampong Meunasah Asan, Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (09/11/22).

Kegiatan ini dilatar belakangi karena adanya pembelajaran dari rumah yang seringkali menyebabkan siswa/i merasa bosan dan menurunkan minat belajar. Hal ini dirasakan langsung oleh Kepala Divisi Program kegiatan, Kelvin Dolok Saribu,

 “Anak-anak yang dapat tugas hanya melalui WA grup, tanpa ada penjelasan materi yang mendukung dapat membuat mereka semakin bingung,” tutur Mahasiswa Program Studi Manajemen yang memiliki pengalaman mengampu kelas les untuk jenjang SD tersebut.

Kelvin menyebutkan, program kerja KBM ini diawali dengan sosialisasi kepada kepala RT dan RW. Kemudian melakukan pendampingan pembelajaran yang dilaksanakan rutin dua hari dalam seminggu, tepatnya pada Hari Senin dan Hari Sabtu. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 12 Samudera, pukul 07.30 WIB hingga pukul 10.30 WIB.

Cut Dinda Salsabila juga menyampaikan, disamping membantu penjelasan materi pembelajaran, ia juga mengajak adik-adik setempat untuk bermain seusai merampungkan pembelajaran. Proses belajar juga dilaksanakan secara menyenangkan. Mahasiswa yang terlibat menjelaskan materi tidak menempatkan diri sebagai tutor melainkan sebagai teman. Sehingga diskusi yang mengalir dua arah menjadi metode dalam proses kegiatan belajar mengajar.

"Proses belajar kita rancang supaya menarik untuk diikuti, sehingga anak-anak nyaman dan bahagia dalam proses belajarnya," ungkapnya.

Dinda menambahkan, pada akhir kegiatan diadakan permainan sederhana yang mengasah kemampuan kognitif maupun psikomotorik mereka. Misalnya permainan tebak nama hewan dalam bahasa inggris dengan diberikan ciri-ciri hewan tersebut oleh salah seorang teman mereka, atau uji kekompakan tim dalam permainan tebak kata.[tmi]


Kirim Komentar