Praktek di UPT Benih Induk Hortikultura, Mahasiswa Agroekoteknologi Ikut Memanen Cabai

SHARE:  

Humas Unimal
Praktek di UPT Benih Induk Hortikultura, Mahasiswa Agroekoteknologi Ikut Memanen Cabai

UNIMALNEWS | Berastagi - Mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi, Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh melakukan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di UPT Benih Induk Hortikultura Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Kamis (26/01/2023)

Mahasiswa PKL tersebut terdiri dari 5 orang yang diketuai oleh Sri Marliani dan 4 orang anggota lainnya yaitu Fitri Zahara, Durratun Nashihin, Qisthi Arifah,dan Miftahul Riska Cahyani. Mereka dibimbing oleh Safrizal MSi, dan Nazimah MSi.

Ketua kelompok Sri Marliani mengatakan, dengan adanya kegiatan PKL ini dapat menambah wawasan tentang perbanyakan benih tanaman hortikultura terutama pada komoditi utama seperti tanaman kentang, wortel,kacang ercis, bawang merah dan okulasi tanaman jeruk. Disamping itu juga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman mahasiswa dalam dunia kerja yang akan datang.

"Setiap mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengetahui cara perbanyakan benih pada setiap komoditi yang ada dan bukan hanya terfokus pada komoditi judul laporan dengan dibimbing oleh instruktur pada setiap komoditi," katanya

Kepala UPT. Benih Induk Hortikultura Kutagadung, Lambok Turnip MAgr mengatakan, UPT Benih Induk Hortikultura Kutagadung Berastagi memiliki tiga cabang lainnya yaitu Kebun Induk Hortikultura Kutagadung Berastagi, Kebun Unit Simarjarunjung, Kabupaten Simalungun, dan Kebun Unit Buluh Pancur, Kabupaten Karo. Keseluruhan unit tersebut dipimpin olehnya.

Kemudian, pembimbing eksternal dari UPT, Tuti Sudarniati Genaly SP menyampaikan, mahasiswa akan melaksanakan kegiatan di setiap unit komoditi. UPT Benih Induk Hortikultura Kutagadung Berastagi memiliki beberapa komoditi yang dibudidaya diantaranya, kentang, tanaman jeruk siam madu, wortel,bawang merah,ercis, dan tanaman hias.

"Kegiatan yang dilakukan yaitu seperti penanam kentang G0 (kentang hasil kultur jaringan) pada media cocopeat, perbanyakan benih wortel, sortasi benih wortel, pemanenan cabai, tomat, perbanyakan benih jeruk dengan sistem okulasi dan kegiatan lainnya ," pungkasnya.[tmi]


Kirim Komentar