Peran Dosen Wali Penting Dalam Kurikulum Merdeka

SHARE:  

Humas Unimal
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh menggelar sosialisasi Kurikulum Merdeka secara daring yang diikuti semua ketua program studi dan dosen. Foto: Ist.

UNIMALNEWS | Lhokseumawe – Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh, Dr Hendra Raza, mengingatkan dosen wali memegang peranan penting dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka.

“Saya berharap pelaksanaan Kurikulum Merdeka jangan sampai merugikan mahasiswa,” kata Hendra dalam sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar yang dilaksanakan secara daring, Kamis (24/9/2020).

Menurutnya, pelaksanaan Kurikulum Merdeka antara lain memberikan kebebasan kepada mahasiswa memilih mata kuliah yang sesuai dengan potensi yang dimilikinya. “Jangan sampai, tujuan mulia itu malah membuat mahasiswa dirugikan,” tutur Hendra dalam kegiatan yang dipandu Sekretaris Prodi Akuntansi, Indrayani MSi.

Lebih jauh, dalam sosialisasi yang diikuti semua kepala prodi dan dosen itu, Hendra Raza mengharapkan sosialisasi dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang dialami mahasiswa terkait Kurikulum Merdeka.

Kegiatan yang diinisiasi Pembantu Dekan Bidang Akademik FEB Unimal, Anwar Puteh ME, ini menghadirkan dua pemateri yang berkompeten dalam Kurikulum Merdeka, yaitu Jullimursyida Ph D selaku Pembantu Rektor I Bidang Akademik dan Arif Rahman MH dari Tim Revisi Kurikulum Unimal.

Universitas Malikussaleh mulai menerapkan Kurikulum Merdeka Merdeka Belajar pada semester ganjil 2020/2021. “Kurikulum Merdeka ini memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus dengan diberikan delapan skema program sebagai pengganti mata kuliah,” ujar Jullimursyida.

Tim Revisi Kurikulum Unimal yang diwakili Arif Rahman, mengatakan proses konversi kurikulum tidak boleh merugikan mahasiswa terutama mahasiswa tingkat akhir. Arif menambahkan setiap prodi bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan terkait konversi mata kuliah.

 

Sementara Pembantu Dekan Bidang Akademik, Anwar Puteh, menyebutkan sosialisasi kurikulum sangat penting dilakukan mengingat tugas dosen ke depan yang semakin berat dituntut memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup untuk mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi dalam proses belajar mengajar dan membimbing mahasiswa.

“Harapan kita selanjutnya, semua program studi di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unimal akan melakukan sosialisasi kurikulum kepada mahasiswa di prodi masing-masing sehingga semua mahasiswa akan familiar dengan kurikulum baru ini,” tutup Anwar. [ayi]

Baca juga: Wujudkan Kurikulum Merdeka, Unimal Gelar Rapat Koordinasi dengan Semua Kaprodi


Kirim Komentar