Klinik Unimal Layani Praktik Online

SHARE:  

Humas Unimal
Kepala UPT Klinik Unimal, drg Anita. Foto : Ist

UNIMALNEWS | Reuleut – Di masa pandemi Covid-19, pelayanan kesehatan di rumah sakit dan klinik mengalami kemunduran. Hal ini disebabkan banyak masyarakat enggan melakukan konsultasi kesehatan di pusat-pusat kesehatan karena ditakutkan terdampak Covid-19. Akhirnya banyak penyakit warga terdeteksi ketika telah berada pada stadium tinggi dan darurat.

Demikian pula pelayanan di Klinlik Universitas Malikussaleh, mengalami penurunan kunjungan. Untuk mengantisipasi turunnya layanan kesehatan, UPT Klinik melaksanakan konsultasi kesehatan secara online sejak Selasa, 6 Oktober 2020. Pelayanan konsultasi tidak langsung atau online ini dilakukan melalui kartu Jaminan Kesehatan Nasional yang difasilitasi BPJS Lhokseumawe untuk Klinik Unimal.

Menurut kepala UPT Klinik Unimal, drg Anita, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang dilaksanakan online ini memudahkan para pemegang kartu BPJS kesehatan untuk mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan tanpa harus ke Reuleut. Apalagi banyak pemegang kartu BPJS Faskes I Unimal tinggal di Lhokseumawe atau Aceh Utara bagian timur.“Namun untuk resep obat belum ada jasa pengantaran, jadi tetap diambil ke klinik,” ujar Anita.

Penggunaan jasa kesehatan ini dilakukan dengan mengaktifkan aplikasi JKN mobile para pemegang kartu kesehatan itu. Di dalam fasilitas itu telah terdapat dokter yang menangani pasien dan tinggal dihubungi. Saat ini di dalam fasilitas tersebut terdapat tiga orang dokter poli umum. “Semoga penggunaan jasa konsultasi online ini bisa dilakukan pemegang kartu BPJS kesehatan Unimal, dan bersifat gratis,” ungkap Desiska Rauzani, salah seorang dokter umum yang berpraktik di Klinik Unimal.[tkf]


Kirim Komentar