Prodi Arsitektur Unimal Latih Pegawai Pemkot Lhokseumawe

SHARE:  

Humas Unimal
WORKSHOP Pelatihan GIS kerjasama Prodi Arsitektur Unimal dengan BAPPEDA dan dinas PUPR Kota Lhokseumawe. Foto direkam beberapa waktu lalu di Laboratorium Komputasi Prodi Arsitektur Unimal

UNIMALNEWS | Lhokseumawe - Program Studi Arsitektur Universitas Malikussaleh menggelar Workshop pelatihan penggunaan aplikasi GIS untuk pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Lhokseumawe. Ada 2 instansi yang mengirimkan Pegawainya untuk mengikuti pelatihan ini yaitu dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Lhokseumawe.

Kegiatan Pelatihan penggunaan GIS ini berlangsung dalam 2 gelombang, pertama  10 dan 11 Juli 2019, sedangkan yang kedua pada tanggal 15 -25 Juli 2019.  Kegiatan pelatihan GIS ini dilaksanakan di laboratorium komputasi prodi Arsitektur Unimal.

Dosen prodi arsitektur Sisca Olivia MS yang menjadi narasumber dalam  pelatihan tersebut menyampaikan bahwa, para peserta diperkenalkan tentang teori GIS serta bagaimana menggunakan GIS dalam pekerjaan yang berkaitan dengan bidang para peserta. Kita melatih peserta langsung dengan praktek menggunakan software GIS QuantumGIS dan ArcGIS. Kedua software ini digunakan untuk penggambaran peta dari satu kawasan, sehingga bisa digunakan untuk perencanaan, pelaksanaan program, analisa dan pengambilan kebijakan suatu wilayah. Bedanya QuantumGIS (QGIS) ini gratis dan opensource sedangkan ArcGis  software berbayar, jelas Sisca.

Menurut Ketua Program studi Aristektur Muhammad Iqbal MSc, “ Kerjasama pelatihan yang sudah dilaksanakan  dengan Bappeda dan Dinas PUPR Kota Lhokseumawe  ini diharapkan bisa berlanjut di tahun-tahun mendatang. Prodi Arsitektur juga tidak menutup kemungkinan untuk melakukan pelatihan  lain selain GIS dengan para stakeholder lainnya, ujar Iqbal. [ryn/kur]


Kirim Komentar